Pembelajaran Al Qur’an Pada Lansia di Madrasah Diniyah Al Furqan Kelurahan Kepatihan Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun 2016.

Hafid, Mohammad (2016) Pembelajaran Al Qur’an Pada Lansia di Madrasah Diniyah Al Furqan Kelurahan Kepatihan Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun 2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohammad Hafid_084 121 044.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran Al Qur’an umumnya diberikan kepada mereka yang masih anak-anak sampai remaja, disisi lain pembelajaran Al Qur’an juga dibutuhkan semua orang termasuk para lansia, tentunya sebagai bekal bagi kehidupan dimasa yang akan datang “hidup setelah kematian”.Sebagaimana kita ketahui usia lansia adalah masa kemunduran seseorang baik dibidang fisik, kesehatan, dan ingatan. Beberapa hal tersebut terkesan membuat pembelajaran rumit dan terasa sangat berat. Disisi lain Allah SWT telah berjanji dalam Al Qur’an surah Al Qomar ayat 17, 22, 32, dan 40 yaitu akan memudahkan bagi siapa saja yang ingin mempelajari Al Qur’an. Hal inilah yang menjadi pertimbanagan penelliti dalam mengangakat judul Pembelajaran Al Qur’an pada Lansia di Madrasah Diniyah Al Furqan Kelurahan Kepatihan Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun 2016. Fokus penelitian yang diangkat dalam Skripsi ini diantaranya yaitu: a) bagaimana perencanaan pembelajaran Al Qur’an pada lansia di madrasah diniyah Al Furqan Kepatihan Kaliwates Jember?, b) bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al Qur’an pada lansia di madrasah diniyah Al Furqan Kepatihan Kaliwates Jember? c) bagaimana evaluasi pembelajaran Al Qur’an pada lansia di madrasah diniyah Al Furqan Kepatihan Kaliwates Jember? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Al Qur’an pada lansia di madrasah diniyah Al Furqan Kepatihan Kaliwates Jember. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitiannya yaitu deskriptif, penentuan Informan menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tehnik obserasi, wawancara, dan dokumentasi. Model analisa data menggunakan model Miles dan Huberman (reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan), sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini mendapatkan kesimpulan, pertama perencanaan pembelajaran Al Qur’an pada lansia di madrasah diniah Al Furqan Kepatihan Kaliwates Jember Tahun 2016, yaitu menerapkan berberapa poin di antaranya: merencanakan tujuan, materi dan media pembelajaran Al Qur’an. Kedua pelaksanaan pembelajarannya menerapkan beberapa hal diantaranya, memulai pembelajaran, penyampaian materi pembelajaran, penggunaan alat pembelajaran, metode pembelajaran yang digunakan ialah metode ummi kemudian dilanjutkan dengan mengahiri pembelajaran. Ketiga evaluasi pembelajaran Al Qur’an pada lansia ini menggunakan tiga jenis tes yaitu tes penempatan, tes formatif, dan tes sumatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:33
Last Modified: 09 Mar 2023 07:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19900

Actions (login required)

View Item View Item