Penggunaan Media Audio-Visual dan Metode Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa (Pokok Bahasan Haji dan Umroh di Kelas X Agama 4 Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017).

Muflihah, Nadya Azmi (2016) Penggunaan Media Audio-Visual dan Metode Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa (Pokok Bahasan Haji dan Umroh di Kelas X Agama 4 Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nadya Azmi Muflihah_084 121 339.pdf

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal, pembelajaran fiqih di kelas X Agama 4 MAN Bondowoso mengalami kendala, diantaranya adalah metode pembelajaran yang kurang cocok, penggunaan media yang jarang dilakukan, kondisi kelas yang pasif, termasuk juga kurangnya guru memperhatikan keadaan dan minat siswa di dalam kelas. Dalam proses pembelajaran diperlukan suasana kelas yang menyenangkan untuk membangkitkan minat belajar sehingga siswa termotivasi untuk belajar dan hasil belajar siswa menjadi optimal. Berdasarkan observasi, ditemukan minat belajar siswa masih rendah dengan skor rata-rata 3,6. Hasil ulangan harian mata pelajaran fiqih menunjukkan 31 siswa telah mencapai standart ketuntasan belajar dari jumlah keseluruhan siswa kelas X Agama 4 sebanyak 40 siswa, artinya ada sekitar 77,5% siswa yang tuntas belajar. Hal ini masih belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal belajar fiqih yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu sebesar 80%. Masalah penelitian yang diteliti skripsi ini adalah : 1) Apakah penggunaan media audio-visual dan metode pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan minat belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas X Agama 4 di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso tahun pelajaran 2016/2017 pada pokok bahasan haji dan umroh? 2) Bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran fiqih di kelas X Agama 4 MAN Bondowoso tahun pelajaran 2016/2017 dengan menggunakan media audio-visual dan metode pembelajaran Make A Match pada pokok bahasan haji dan umroh? Untuk mengetahui minat belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas X Agama 4 di MAN Bondowoso pada materi haji dan umroh dengan menggunakan media audio-visual dan metode pembelajaran make a match tahun pelajaran 2016/2017. Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran fiqih di kelas X Agama 4 MAN Bondowoso tahun pelajaran 2016/2017 dengan menggunakan media audio-visual dan metode pembelajaran Make A Match pada pokok bahasan haji dan umroh Untuk mengindetifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan skor rata-rata minat belajar fiqih, persentase ketuntasan hasil belajar kognitif, persentase aktivitas siswa aspek afektif dan aspek psikomotorik. Dari hasil penelitian ini di dapatkan skor minat belajar mata pelajaran fiqih siswa ratarata sebesar 4,65 yang termasuk kategori tinggi, ketuntasan hasil belajar mata pelajaran fiqih secara klasikal sebesar 93 %, persentase aspek afektif siswa sebesar 92,5% dan persentase aspek psikomotor siswa sebesar 90%, persentase tersebut menunjukkan >80% yang berarti kelas X Agama 4 sudah mecapai standar ketuntasan hasil belajar. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penggunaan media audio-visual dan metode pembelajaran Make A Match dapat menciptakan suasana belajar fiqih yang menyenangkan sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dan dapat meningkatkan minat serta hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas X Agama 4 MAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:33
Last Modified: 09 Mar 2023 07:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19909

Actions (login required)

View Item View Item