Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa SD Negeri Umbulsari 2 Tahun Pelajaran 2015/2016

Hanifah, Nuning (2016) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa SD Negeri Umbulsari 2 Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nuning Hanifah_084 111 136.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter adalah sifat atau watak tingkah laku seseorang yang dimiliki secara individual atau secara ciri khas untuk itu guru membentuk karakter anak tersebut menjadi lebih berkembang dan terarah, maka pemerintah menerapkan pendidikan karakter untuk membangun kembali karakter yang telah terkikis oleh budaya yang kurang baik, oleh karena itu pendidikan di Indonesia masih erat kaitannya dengan sekolah berbasis Islam. Sekolah yang mengadakan pendidikan dengan memasukkan nilai-nilai keagamaan didalamnya jelas berbeda dengan sekolah umum, baik dari IPTEK maupun nilai nilai IMTAQ. Hal ini perlu disadari bahwa seharusnya nilai-nilai karakter dari ajaran Agama lebih tumbuh dan berkembang, salah satunya lembaga yang memasukkan nilai-nilai karakter didalam pelajaran diluar kelas maupun di dalam kelas. Fokus penelitian ini adalah 1) bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kedisiplinan siswa SD Negeri Umbulsari 2 Tahun Pelajaran 2015/2016?.2) bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kejujuran siswa SD Negeri Umbulsari 2 Tahun Pelajaran 2015/2016?.3) bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kepedulian siswa SD Negeri Umbulsari 2 Tahun Pelajaran 2015/2016?.Tujuan peneitian ini untuk mendeskripsikan 1) peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kedisiplinan siswa SD Negeri Umbulsari 2 Tahun Pelajaran 2015/2016. 2) peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kejujuran siswa SD Negeri Umbulsari 2 Tahun Pelajaran 2015/2016. 3) peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kepedulian siswa SD Negeri Umbulsari 2 Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan di analisis dengan analisis data kualitatif deskriptif, kemudian uji keabsahan data menggunakan triagulasi sumber. Penelitian ini mendapatkan kesimpulan bahwasannya: 1) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kedisiplinan siswa, yaitu guru selalu memberikan tauladan/ contoh terhadap muridnya agar mereka kedisipilinannya berkembang sesuai apa yang diharapakan oleh guru, dalam hal ini dapat dilihat ketika kengiatan upacara bendera mereka selalu berangkat sebelum upacara bendera dimulai. 2) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kejujuran siswa, yaitu guru selalu memberikan arahan dan motivasi agar mereka berbuat jujur, seperti halnya ada temennya kehilangan uang dan dari waktu 2 hari uang tersebut kembali dalam hal ini guru telah berhasil membuat anak tersebut berbuat jujur walaupun membutuhkan waktu yang lama. 3) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kepedulian siswa, yaitu guru selalu memberikan arahan dan tauladan terhadap muridnya agar mereka peduli terhadap sesama, disini bisa dilihat ketika ada teman yang sakit, mereka iuran 1 kelas untuk menjenguk temannya yang sedang sakit, setelah jam istirahat mereka meminta ijin digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix kepada guru untuk menjeguknya. Dalam hal ini guru telah berhasil memberikan tauladan sehingga murid-muridnya mengikuti apa yang telah diberikannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:33
Last Modified: 09 Mar 2023 07:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19916

Actions (login required)

View Item View Item