Peran Istri yang Berstatus Narapidana dalam Membentuk Keluarga Sakinah di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember.

Rahayu, Putri (2017) Peran Istri yang Berstatus Narapidana dalam Membentuk Keluarga Sakinah di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Putri Rahayu_083 131 030.pdf

Download (4MB)

Abstract

Menjadi keluarga sakinah merupakan dambaan bagi setiap orang yang hendak mengarungi kehidupan berumah tangga, karena dalam keluarga sakinah seseorang akan mendapatkan kebahagiaan yang tiada taranya. Banyak faktor yang mendasari terbentuknya sebuah keluarga yang sakinah, peran dari masing-masing anggota dalam hal ini yakni suami, istri, dan anggota keluarga lainnya juga memiliki perannya masing-masing yang sangat penting supaya terbentuknya keluarga yang sakinah. Namun, jika seorang istri memiliki status sebagai seorang narapidana yang terbatas segala kebebasan dan kemerdekaannya, maka ia akan sulit melakukan perannya dalam keluarga apalagi untuk membentuk keluarga sakinah. Oleh karena itu peran istri yang berstatus narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember dalam membentuk keluarga sakinah menjadi penting untuk diteliti. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana peran istri yang berstatus narapidana dalam membentuk keluarga sakinah di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember ?. 2) Bagaimana dukungan keluarga seorang istri yang berstatus narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember dalam membentuk keluarga sakinah ? Tujuan penelitian ini antara lain adalah : Untuk mengetahui peran seorang istri yang berstatus narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember dalam membentuk keluarga sakinah, Untuk mengetahui dukungan keluarga seorang istri yang berstatus narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember dalam membentuk keluarga sakinah. Penelitian ini adalah penelitian empiris dengan pendekatan kasus. Sumber data primernya berupa hasil observasi dan wawancara di Lapangan melalui purposive sampling, sedangkan data sekunder berupa beberapa sumber bacaan yang berkaitan dengan data primer. Data yang diperoleh kemudian dianalisa secara kualitatif deskriptif dan diuji keabsahannya dengan triangulasi metode. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1) Peran istri yang berstatus narapidana dalam membentuk keluarga sakinah di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember adalah dengan menjaga komitmen hubungan antara suami dan istri, menjalin komunikasi dengan keluarga ketika keluarga membesuk dan melalui alat komunikasi yaitu telepon yang disediakan oleh pihak Lapas untuk menjaga keharmonisan keluarga. 2) Dukungan keluarga seorang istri yang berstatus narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember dalam membentuk keluarga sakinah adalah dengan memberikan dukungan moril dan materiil. Memberikan pengertian kepada istri agar tidak terlalu memikirkan segala sesuatu yang ada di rumah selama istri berada dalam tahanan dan mengerjakan tugas-tugas istri termasuk mendidik anak-anak mereka selama istri berada dalam tahanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012899 Islamic Family Law not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:33
Last Modified: 09 Mar 2023 07:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19917

Actions (login required)

View Item View Item