Peran Pengasuh Panti Asuhan Mahaluddin Dalam Meningkatkan Pendidikan Akhlak Pada Anak Yatim Di Desa Sidorejo Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang.

A'yun, Qurrotul (2016) Peran Pengasuh Panti Asuhan Mahaluddin Dalam Meningkatkan Pendidikan Akhlak Pada Anak Yatim Di Desa Sidorejo Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Qurrotul A’yun_084 121 003.pdf

Download (5MB)

Abstract

Peran pengasuh sangat berperan penting dalam meningkatkan pendidikan akhlak pada anak yatim, dikarenakan dengan kondisi yang ada di lapangan anak yatim yang ditinggal oleh orang tuannya, kurangnya kasih sayang dari orang tuanya, kurangnya perhatian dari orang tuanya, dll. Peran pengasuh yang dilakukan pada panti asuhan Mahaluddin ini yaitu dengan cara mendidik, merawat, membimbing, mengarahkan yang baik kepada mereka, karena mengingat usia mereka yang sangat muda dan rentan dengan pengaruh lingkungan baik positif dan negatifnya. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran pengasuh panti asuhan Mahaluddin dalam meningkatkan pendidikan akhlak untuk membentuk kepribadian muslim pada anak yatim? 2) Bagaimana peran pengasuh panti asuhan Mahaluddin dalam meningkatkan pendidikan akhlak untuk menumbuh-kembangkan sikap sosial pada anak yatim? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran pengasuh panti asuhan Mahaluddin dalam meningkatkan pendidikan akhlak untuk membentuk kepribadian muslim pada anak yatimsertamendeskripsikan peran pengasuh panti asuhan Mahaluddin dalam meningkatkan pendidikan akhlak untuk menumbuhkembangkan sikap sosial pada anak yatim. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan menggunakan analisis yang bersifat deskriptif, menganalisis peran pengasuh panti asuhan Mahaluddin dalam meningkatkan pendidikan akhlak untuk membentuk kepribadian muslim pada anak yatim dan menumbuh-kembangkan sikap sosial pada anak yatim. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara secara mendalam, observasi partisipatif dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) Peran pengasuh panti asuhan Mahaluddin dalam meningkatkan pendidikan akhlak untuk membentuk kepribadian muslim pada anak yatim melakukan beberapa cara di antaranya : a. Pendidikan keimanan, b. Pendidikan ketaqwaan, c. Pendidikan syukur, dan d. Pendidikan Sabar. 2) Peran pengasuh panti asuhan dalam meningkatkan pendidikan akhlak untuk menumbuh-kembangkan sikap sosial pada anak yatim, memiliki beberapa cara di antaranya : a. Sikap kasih sayang dan rasa persaudaraan, dan b. Rasa kegotong-royongan dan saling menolong.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:33
Last Modified: 09 Mar 2023 07:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19918

Actions (login required)

View Item View Item