Problematika Strategi Microteaching dalam Membentuk Calon Guru Pendidikan Agama Islam Profesional (Studi Kasus: Praktik Pengalaman Lapangan I Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Jember Tahun Akademik 2015/2016)

Talantika, Rahmi Mardi (2016) Problematika Strategi Microteaching dalam Membentuk Calon Guru Pendidikan Agama Islam Profesional (Studi Kasus: Praktik Pengalaman Lapangan I Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Jember Tahun Akademik 2015/2016). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rahmi Mardi Talantika_084111028.pdf

Download (45MB)

Abstract

Guru merupakan komponen vital dalam pendidikan. Guru harus memiliki kompetensi untuk mencapai tujuan pendidikan, lebih khususnya guru PAI. Microteaching dalam PPL I sebagai pembentuk kompetensi tersebut. Pelaksanaannya tidak terlepas dari problematika yang disebabkan berbagai faktor sehingga calon guru PAI yang menjadi outcome belum memiliki kompetensi yang cukup. Fokus penelitiannya adalah: 1)Apa problematika desain strategi microteach-ing dalam membentuk calon guru PAI profesional?, 2)Apa problematika praktik strategi microteaching dalam membentuk calon guru PAI profesional?, 3)Bagaimana cara-cara mengatasi problematika desain dan praktik strategi microteaching dalam membentuk calon guru PAI profesional? Tujuannya adalah mendeskripsikan problematika desain dan praktik strategi microteaching dalam membentuk calon guru PAI profesional dan menganalisis cara-cara mengatasi problematika tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif interaktif dan komparasi konstan dengan model Miles dan Huberman yaitu koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode serta member check. Berdasarkan penelitian tersebut disimpulkan: 1)Problematika desain strateginya yaitu ada kelas yang mahasiswanya tidak berkesempatan menjadi observer tulis, ada dosen yang tidak hadir dalam microteaching, fasilitas laboratorium dan perangkatnya belum memenuhi kriteria, kamera perekam belum tersedia. 2)Problematika praktik strateginya yaitu pengenalan konsep dibutuhkan dosen yang ahli, mahasiswa sebagai koordinator kelas tidak menyampaikan file materi kepada teman-temannya, RPP tidak berbentuk microplaning, RPP tidak dikonsultasikan, mahasiswa cenderung pasif menggali informasi mengenai RPP dan mahasiswa perlu dilatih membuat RPP mikro, praktik pengajaran mikro tidak terisolasi, mahasiswa tidak hadir saat gilirannya menjadi praktikan, RPP yang dipraktikan belum sesuai fokus KDM, debrifing tidak dilakukan, observer lisan belum menyampaikan komentar spesifik, observer tulis tidak objektif dalam menilai praktikan, penilaian observer tulis tidak disampaikan secara terbuka, tidak ada sesi komentar dosen pembina ketika dosen tidak hadir, ada kelas yang tidak melakukan perencanaan dan persiapan latihan ulang. 3)Cara-cara mengatasi problematika desain strategi microteaching yaitu mahasiswa diberi kewenangan menjadi observer tulis, lembar observasi dipelajari sebelum praktik, dosen menunda pertemuan sampai dosen bisa hadir, penyedia fasilitas microteaching bermitra dengan orang yang ahli, dan perekam menggunakan handphone dan tripod. Sedangkan caracara mengatasi problematika praktiknya yaitu: mengadakan pelatihan dosen pembina, melatih mahasiswa menyusun RPP dan memberikan bimbingan sebelum RPP dipraktikkan, mahasiswa melaksanakan praktik terisolasi dan terintegrasi, pengelola memberi pengumuman mengenai kehadiran, pengelola merekomendasikan buku sumber belajar, dosen memberi kesempatan debrifing, observer lisan dan tulis harus menilai secara objektif, hasil rekaman diputar ulang ketika observer memberi feedback, dosen memberi komentar tentang penilaian observer dan dosen yang dihubungkan dengan teori, dosen memberi kesempatan latihan ulang, dan mahasiswa merencanakan latihan ulang yang dikonsultasikan kepada dosen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:34
Last Modified: 09 Mar 2023 07:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19920

Actions (login required)

View Item View Item