Strategi Guru Mata Pelajaran Qur’an Hadits dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa kelas XI dalam baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Al-Hidayah Karang Harjo Silo Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

Ekasari, Restiana Fitria (2016) Strategi Guru Mata Pelajaran Qur’an Hadits dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa kelas XI dalam baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Al-Hidayah Karang Harjo Silo Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Restiana Fitria Ekasari_084 121261.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan dalam kehidupan sangat penting khususnya pada generasi muda sebagai generasi penerus bangsa yang berakhlaqul karimah dan berpengetahuan yang luas di suatu lembaga pendidikan. Al-qur’an memiliki kedudukan yang amat penting yaitu sebagai kitab suci dan pedoman umat islam, maka muncullah beberapa strategi pembelajaran untuk memberikan motivasi siswa agar memudahkan transfer ilmu oleh guru kepada siswa. Sebagai orang yang beriman kepada Allah SWT dan memeluk agama islam seharusnya dapat mengetahui isi kitab Al-Qur’an dengan cara mempelajari/membaca kitab tersebut, maka membaca da menulis Al-Qur’an merupakan perintah Allah SWT. Dari uraian di atas, maka fokus penelitian ini yaitu Bagaimana strategi Guru Mata Pelajaran Qur’an Hadits dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI dalam baca tulis al-Qur’an di Madrasah Aliyah Al-Hidayah Karang Harjo silo Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? Dengan sub fokus penelitian : a) Bagaimana Pelaksanaan strategi Teacher Center of Learning (TCL) dalam mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa kelas XI dalam Baca Tulis Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Al-Hidayah Karang Harjo silo Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? b) Bagaimana strategi Guru mata pelajaran Qur’an Hadits dalam menanggulangi faktor Internal Kejenuhan Belajar siswa kelas XI dalam Baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Al-Hidayah Karang Harjo silo Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? c) Bagaimana strategi Guru mata pelajaran Qur’an Hadits dalam menanggulangi faktor Eksternal Kejenuhan Belajar siswa kelas XI dalam Baca tulis Al-Qur’an di Madrrasah Aliyah Al Hidayah Karang Harjo silo Jember Tahun Pelajaran 2015/2017? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dalam menentukan sumber data menggunakan purposive sampling. Untuk mengumpulkan data digunakan metode sebagai berikut: a) observasi, b) interview dan c) dokumenter. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif deskriptif dengan langkahlangkah: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Untuk keabsahan datapeneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil temuan secara umum dari penelitian ini yaitu Di MA Al-Hidayah, dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa dalam baca tulis Al-Qur’an, guru mata pelajaran Qur’an Hadits menggunakan strategi dalam mengajar. Hal ini dimaksudkan agar supaya peserta didik tidak jenuh lagi dalam belajar baca tulis Al-Qur’an. Apalagi dalam belajar baca tulis Al-Qur’an, dimana pembelajaran ini sangat penting dipelajari dalam kehidupan kita. Selain untuk memperoleh banyak pengetahuan. Pendidikan ini juga merupakan pendidikan dunia Akhirat. a) Strategi yang diterapkan oleh guru mata pelajaran Qur’an Hadits ini adalah Teacher Center Of Learning. Dimana Strategi meliputi Ceramah dan Pembiasaan. Namun kedua macam strategi ini masih kurang dalam memotivasi peserta didik dalam belajar baca tulis Al-Qur’an karena tidak menutup kemungkinan peserta digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id x didik masih ada yang jenuh. Masih perlu adanya strategi yang bervariasi lagi. b) Adapun Faktor Penyebab kejenuhan belajar di MA Al-Hidayah ini dalam Baca tulis Al-Qur’an yaitu disebabkan oleh faktor internal. Faktor Internal meliputi faktor fisik dan psikis peserta didik. c) Sedangkan Faktor lainnya yaitu karena faktor Eksternal. Faktor Eksternalnya meliputi faktor keluarga, sarana dan prasarana serta lingkungan masyarakat yang meliputi teman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:34
Last Modified: 09 Mar 2023 07:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19922

Actions (login required)

View Item View Item