Teologi Pembebasan Perspektif Asghar Ali Engineer Sebagai Basis Pendidikan Islam.

Aryani, Rizka Dwi (2016) Teologi Pembebasan Perspektif Asghar Ali Engineer Sebagai Basis Pendidikan Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rizka Dwi Aryani_084 121 198.pdf

Download (10MB)

Abstract

Pendidikan Islam memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Sebagai agen pembebasan, pendidikan Islam harus mampu melahirkan manusia yang merdeka, bertanggungjawab dan mampu menghadapi tantangan global. Namun kenyataannya pendidikan Islam belum sepenuhnya berhasil dalam melakukan transformasi sosial di masyarakat. Pendidikan Islam seolah kehilangan perannya sebagai agen pembebasan. Sehingga penting untuk melakukan revitalisasi semangat pembebasan dalam pendidikan Islam. Salah satu pemikir modernis kontemporer, Asghar Ali Engineer berusaha memahami Islam melalui teologi pembebasannya. Penelitian ini bertujuan untuk mencari esensi dari teologi pembebasan Asghar Ali Engineer yang dapat dijadikan sebagai basis pendidikan Islam. Fokus kajian pada penelitian ini adalah bagaimana pendidikan transendental sebagai basis pendidikan Islam? Bagaimana pendidikan humanis sebagai basis pendidikan Islam? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep teologi pembebasan Asghar Ali Engineer dan bagaimana esensi dari teologi tersebut dapat menjadi basis dalam pendidikan Islam. Hasil penelitian diharapkan mampu menjadi pijakan atau pertimbangan dalam dalam mempelajari dan membenahi pendidikan Islam, terutama terkait dengan problem pendidikan Islam yang sifatnya mendasar dan aktual. Untuk membantu pengkajian terhadap pemikiran Asghar Ali Engineer maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kajian pustaka (library reserach). Proses pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah deskriptif, analisis isi dan interpretasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan kecukupan refrensial. Dalam pengambilan kesimpulan, peneliti menggunakan metode berfikir induktif. Esensi yang dapat diambil dari teologi pembebasan Asghar Ali Engineer yang bisa digunakan sebagai basis dalam pendidikan Islam ada dua yaitu pendidikan transendental dan pendidikan humanis. Pendidikan transendental, maksudnya sudah menjadi tugas pendidikan Islam untuk mengembalikan derajat kemuliaan manusia dengan jalan mendekatkan diri kepada Allah. Hal ini nantinya akan berimplikasi pada terciptanya keadilan dan kebajikan dalam masyarakat, sehingga terwujud apa yang disebut sebagai Islam rahmatan lil’alamin. Pendidikan humanis adalah bagaimana pendidikan Islam dapat mengembangkan potensi yang ada pada manusia sehingga manusia dapat membebaskan dirinya dari berbagai bentuk penindasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:20
Last Modified: 10 Mar 2023 08:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19923

Actions (login required)

View Item View Item