Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.

Solihatin, Rofiqotus (2016) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rofiqotus Solihatin_084 121 062.pdf

Download (8MB)

Abstract

Guru merupakan faktor utama dalam dunia pendidikan karena guru memegang peranan penting dalam kunci keberhasilan untuk mencapai tujuan pendiidikan. Untuk itu dalam proses belajar mengajar hendaknya seorang guru bukan hanya memberikan pengetahan saja (transfer of knowledge) tetapi juga memberikan penamaan nilai-nilai (transfer of value) pada pserta didik. Hal ini dilakukan agar peserta didik setelah menerima pengetahuan, mereka dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu untuk mencapai itu semua diperlukan adanya suatu metode dan media yang tepat dari seorang guru, khsususnya guru Pendidikan agama Islam dalam menyampaikan materinya, karena selama ini mata pelajaran pelajaran pendidikan Agama Islam di anggap kurang menarik khususnya pada kalangan siswa siswi. Jadi seorang guru PAI disini dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memilih dan menggunakan metode maupun madia yang tepat dalam proses pembelajaran. Deskripsi diatas sebenarna ingin mengetahui secara mendalam hal-hal yang akan menjadi fokus dalam penelitian ini yaitu mengenai bagaimana Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan mengetahui Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan dalam menentukan subyek penelitian, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Metode atau cara yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observas, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian nmenggnakan teknik deskriptif kualitatif. Selanjutnya dalam memeriksa tingkat keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunukkan bahwa, upaya yang dilakukan oleh guru penddikan Agama Islam dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa melalu metode dan media pembelajaran sudah terlaksana. Hal ini terbukti dengan adanya upaya yang diberikan guru PAI berupa penggunaan metode dan media yang variatif membuat peserta didik aktif dan tertarik terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan melalui kegiatan diskusi dan tanya jawab yang dibantu dengan adanya media berupa LCD, video serta alat-alat peraga lainnya yang berkenaan langsung dengan materi yang sedang dipelajari. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang berani bertanya dan menjawab pertanyaan pada saat pembelajaran berlangsung. Walaupun masih ada beberapa siswa yang terlihat kurang antusias pada saat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:20
Last Modified: 10 Mar 2023 08:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19926

Actions (login required)

View Item View Item