Pembinaan Akhlak Siswa melalui Kegiatan Keagamaan di Sekolah Dasar Negeri Silo 03 kecamatan Silo kabupaten Jember Tahun pelajaran 2016/ 2017.

Hasanah, Uswatun (2016) Pembinaan Akhlak Siswa melalui Kegiatan Keagamaan di Sekolah Dasar Negeri Silo 03 kecamatan Silo kabupaten Jember Tahun pelajaran 2016/ 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Uswatun Hasanah_084121095.pdf

Download (26MB)

Abstract

Pada dasarnya pendidikan akhlak sudah ditanamkan sejak masih di dalam kandungan sampai bisa menerapkannya sendiri setelah manusia berada di muka bumi, artinya akhlak itu sudah terbentuk sejak manusia belum terlahir, yaitu pendidikan akhlak dalam kandungan. Namun ketika anak sudah sekolah maka yang membina akhlak yaitu seorang guru, kemudian akhlak yang baik dan buruk itu tergantung bagaimana cara membinanya. Membina akhlak siswa salah satunya yaitu melalui kegiatan keagamaan tujuannya mengarah agar siswa mempunyai akhlak, baik itu akhlak kepada Allah SWT dan akhlak kepada sesama manusia. Bertolak dari latar belakang diatas maka dapat dirumuskan beberapa masalah dalam penelitian ini: 1. Bagaimana pembinaan akhlak siswa kepada Allah SWT melalui kegiatan keagamaan di SDN Silo 03 kecamatan Silo kabupaten Jember Tahun pelajaran 2016/ 2017?. 2. Bagaimana pembinaan akhlak siswa kepada sesama manusia melalui kegiatan keagamaan di SDN Silo 03 kecamatan Silo kabupaten Jember Tahun pelajaran 2016/ 2017? Adapun tujuan dari penelitian ini: 1. Untuk mendeskripsikan pembinaan akhlak siswa kepada Allah SWT melalui kegiatan keagamaan di SDN Silo 03 kecamatan Silo kabupaten Jember Tahun pelajaran 2016/ 2017. 2. Untuk mendeskripsikan pembinaan akhlak siswa kepada sesama manusia melalui kegiatan keagamaan di SDN Silo 03 kecamatan Silo kabupaten Jember Tahun pelajaran 2016/ 2017. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field research. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara (interview) dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan model interaktif Miles dan Hubberman dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun kesimpulan penelitian ini antara lain: 1. Pembinaan akhlak kepada Allah melalui kegiatan keagamaan yang dilakukan SDN Silo 03 adalah dengan adanya kegiatan keagamaan dapat meningkatkan ketaqwaan kepada Allah, seperti sholat Dhuha dan tadarus atau membaca Al-Qur’an . Akan tetapi belum dapat menumbuhkan secara maksimal kesadaran siswa untuk dapat berakhlak kepada Allah. 2. Pembinaan akhlak kepada sesama manusia yang diterapkan di SDN Silo 03 juga dirasakan guru PAI dan siswanya, baik dalam hal tolong-menolong maupun saling menasehati satu sama lain yang diterapkan melalui kegiatan rutinitas keagamaan setiap hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:21
Last Modified: 10 Mar 2023 08:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19943

Actions (login required)

View Item View Item