Nilai–nilai Pendidikan Karakter Anak Usia Dini dalam Buku Mendidik Karakter dengan Karakter karya Ida Supilah Widayanti.

Royani, Wildan Hatfina (2015) Nilai–nilai Pendidikan Karakter Anak Usia Dini dalam Buku Mendidik Karakter dengan Karakter karya Ida Supilah Widayanti. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wildan Hatfina Royani_084101137.pdf

Download (4MB)

Abstract

Persoalan dekadensi moral yang sangat serius. Pergeseran orientasi kepribadian yang mengarah pada berbagai perilaku amoral sudah demikian jelas dan nampak terjadi di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat. Hal ini terjadi karena seringkali pendidikan karakter terabaikan dengan mendahulukan transformasi pengetahuan sehingga banyak timbul amoral–amoral yang semakin mengkhawatirkan. Dalam prosesnya, pendidikan karakter perlu ditanamkan sejak usia dini karena hal ini dapat menjadi bekal ketika dewasa. Buku Mendidik Karakter dengan Karakter merupakan salah satu buku yang mengisahkan pengasuhan sang pengarang dalam mendidik anaknya terutama dalam menanamkan karakter yang baik. Buku ini tidak hanya menawarkan hiburan melainkan banyak nilai-nilai pendidikan karakter yang coba di tuangkan oleh pengarang melalui kejadian – kejadian yang dapat kita renungkan. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini dalam buku Mendidik Karakter dengan Karakter karya Ida Supilah Widayanti?, (2) Bagaimana menanamkan nilai kemandirian pada anak usia dini dalam buku Mendidik Karakter dengan Karakter karya Ida Supilah Widayanti?. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mendeskripsikan cara menanamkan nilai kemandirian pada anak usia dini dalam buku Mendidik Karakter dengan Karakter karya Ida Supilah Widayanti, (2) Untuk mendeskripsikan cara menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini dalam Mendidik Karakter dengan Karakter karya Ida Supilah Widayanti. Dalam penelitian skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Dan jenis penelitian ini adalah library research, yaitu usaha untuk memperoleh data dengan menggunakan sumber kepustakaan. Adapun metode analisis datanya menggunakan metode analisis isi (Content Analysis) dan validitas datanya menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: (1) Menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini dalam buku Mendidik Karakter dengan Karakter karya Ida Supilah Widayanti dengan cara:berbicara yang bermakna, jujur dalam perbuatan, dan mengatakan terus terang. (2) Menanamkan nilai kemandirian pada anak usia dini dalam buku Mendidik Karakter dengan Karakter karya Ida Supilah Widayanti dengan cara:menolong diri sendiri, membereskan mainan sendiri, memulai dari hal-hal kecil, pentingnya konsitensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:21
Last Modified: 10 Mar 2023 08:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19944

Actions (login required)

View Item View Item