Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Plus Royatul Islam tahun pelajaran 2018/2019.

Khoiri, Ahmad (2019) Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Plus Royatul Islam tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Khoiri_ T20153075.pdf

Download (6MB)

Abstract

Manajemen kesiswaan adalah seni mengelola segala aktifitas yang berkaitan dengan siswa sejak masuk sampai dengan keluarnya siswa tersebut dari sekolah. Siswa merupakan subyek sekaligus obyek dalam proses transformasi ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan manajemen kesiswaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Plus Royatul Islam tahun pelajaran 2018/2019. 2) Bagaimana upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan Manajemen Kesiswaan di SMP Plus Royatul Islam Patemon Ajung Tahun Pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan manajamen kesiswaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Plus Royatul Islam Patemon Ajung Tahun Pelajaran 2018/2019. serta Mendeskripsikan upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan manajemen kesiswaan di SMP Plus Royatul Islam Patemon Ajung Tahun Pelajaran 2018/2019. Untuk mengidentifikasi fokus penelitian tersebut, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research. Adapun pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan subyek penelitiannya menggunakan teknik purposive. Analisis datanya menggunakan teknik Miles and Huberman yakni, data collection. data display dan conclution drawing/verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik/ metode.Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan Manajemen Kesiswaan yaitu segala pengaturan terhadap siswa mulai masuk sampai keluarnya siswa tersebut dari sekolah dengan melalui pendaftaran, penerimaan, orientasi, pengelompokan atau penempatan, pencatatan, pembinaan dan evaluasi hasil belajar. 2) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu Pendidikan yang berkaitan dengan manajemen kesiswaan yaitu usaha- usaha yang dilakukan secara sadar dan terus-menerus untuk mencapai kualitas pendidikan yang diharapkan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Seperti usaha meningkatkan profesionalitas guru, kedisplinan siswa dan kreatifitas siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:21
Last Modified: 10 Mar 2023 08:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19945

Actions (login required)

View Item View Item