erbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis SiswaAntara Kelas Yang Menggunakan Model Pembelajaran KooperatifTipe TPS (Think Pair Share) Dengan Tipe TSTS (Two Stay TwoStray) Materi Segiempat Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Jember Tahun Ajaran 2018/2019.

Wahidah, Anisatil (2019) erbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis SiswaAntara Kelas Yang Menggunakan Model Pembelajaran KooperatifTipe TPS (Think Pair Share) Dengan Tipe TSTS (Two Stay TwoStray) Materi Segiempat Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Jember Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Anisatil Wahidah_T20157006.pdf

Download (23MB)

Abstract

Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dan TSTS Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS materi segiempat pada siswa kelas VII SMP Negeri 7 Jember (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS materi segiempat pada siswa kelas VII SMP Negeri 7 Jember dan (3) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan tipe TSTSmateri segiempat pada siswa kelas VII SMP Negeri 7 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan desain penelitian the nonequivalent posttest-only control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Jember tahun pelajaran 2018/2019, yang terbagi atas 9 kelas dengan jumlah 317 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen I (VII-E) sebanyak 36 siswa dan kelas eksperimen II (VII-C) sebanyak 36 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan instrumen tes (posttest) berbentuk tes uraian seanyak 6 butir soal. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji Z. Hasil penelitian melalui analisis statistik deskriptif yaitu, rata-rata hasil posttest menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS sebesar 6 sedangkan rata-rata hasil posttest menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS sebesar . Hasil analisis inferensial data menunjukkan bahwa nilai uji statistik kurang dari nilai kritis atau . Sehingga diterima dan ditolak. Artinya dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sama antara kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS pada materi segiempat kelas VII SMP Negeri 7 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0105 Mathematical Physics > 010599 Mathematical Physics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:21
Last Modified: 10 Mar 2023 08:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19950

Actions (login required)

View Item View Item