Kemampuan berpikir tingkat tinggi melalui pembelajaran problem based learning dengan pendekatan science technology engineering art and mathematics (STEAM) dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear tiga variabel kelas x SMAN 1 Jember

Femelia, Iga (2023) Kemampuan berpikir tingkat tinggi melalui pembelajaran problem based learning dengan pendekatan science technology engineering art and mathematics (STEAM) dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear tiga variabel kelas x SMAN 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA)
Iga Femelia_T20197147.pdf

Download (5MB)

Abstract

Setiap siswa memiliki kemampuan berpikir yang berbeda-beda, seorang
siswa dapat dikatakan memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi apabila mampu
tanggap terhadap suatu permasalahan yang ada di sekitar atau disebut berpikir
kritis, siswa juga diharus kan dapat merancang atau membuat sesuatu yang baru
atau disebut dengan berpikir kreatif dan siswa diharuskan dapat menganalisa dan
menguraikan permasalahan yang ada. Pembelajaran yang memberikan suatu
permasalahan agar siswa mampu memecahkan masalahnya secara mandiri yaitu
dengan model pembelajaran problem based learning.

Rumusan masalah dalam penelitian ini akan mengkaji terkait tentang
bagaimana kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa melalui model pembelajaran
Problem Based Learning dengan pendekatan STEAM dalam menyelesaikan soal
SPLTV kelas X.

Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kuantitatif yang diperkuat
dengan adanya data kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk: 1) mengetahui
kemampuan berpikir tingkat tinggi pada level analisis. 2) mengetahui kemampuan
berpikir tingkat tinggi pada level evaluasi. 3) mengetahui kemampuan berpikir
tingkat tinggi pada level kreasi/mencipta.

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Jember Kelas X.9 yang berjumlah
29 siswa. Subjek penelitian ini diambil 3 siswa yang terdiri dari 1 siswa memiliki
kemampuan berpikir pada level analisis, 1 siswa memiliki kemampuan berpikir
evaluasi, dan 1 siswa memiliki kemampuan berpikir pada level kreasi. Teknik
pengumpulan data dengan observasi, tes dan wawancara. Sedangkan analisis data
menggunakan triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Subjek pada level analisis hanya
mampu membuat garis besar dan memecahkan masalah soal cerita terkait SPLTV
dengan pendekatan technology. 2) Subjek pada level evaluasi mampu membuat
garis besar dan memecahkan masalah soal, mengecek dan menyimpulkan soal
SPLTV yang berkaitan dengan technology dan science. 3) Subjek pada level kreasi
mampu membuat garis besar, memecahkan masalah, mengecek, menyimpulkan
serta dapat menyusun dan menggeneralisasikan sesuatu hal baru yang berkaitan
dengan soal SPLTV dengan pendekatan STEAM.

Kata kunci: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Problem Based Learning,
STEAM, dan SPLTV

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Iga Femelia Sriman
Date Deposited: 10 Mar 2023 09:49
Last Modified: 10 Mar 2023 09:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19952

Actions (login required)

View Item View Item