Level kemampuan berpikir kreatif dan inovatif siswa melalui model pembelajaran treffinger dengan prinsip realistic mathematics education (RME) dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear tiga variabel kelas x SMAN 1 Jember

Arianda, Tarisa (2023) Level kemampuan berpikir kreatif dan inovatif siswa melalui model pembelajaran treffinger dengan prinsip realistic mathematics education (RME) dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear tiga variabel kelas x SMAN 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Tarisa Arianda_T20197122.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan pendidikan abad 21 yang menuntut semua orang untuk menguasai keterampilan yang meliputi keterampilan berpikir kreatif dan inovatif, keterampilan berpikir kritis, keterampilan komunikasi, dan keterampilan kolaborasi, atau disebut sebagai 4Cs. Salah satu keterampilan yang dikaji pada penelitian kali ini adalah kemampuan berpikir kreatif dan inovatif siswa. Untuk mendukung keterampilan berpikir kreatif dan inovatif siswa dapat diterapkan model pembelajaran Treffinger dengan prinsip RME.

Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Apakah model pembelajaran Treffinger memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif dan inovatif siswa? 2) Bagaimana level kemampuan berpikir kreatif dan inovatif siswa?.

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apakah model pembelajaran Treffinger dengan prinsip RME memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif dan inovatis siswa kelas X.11 SMAN 1 Jember. 2) Untuk melevelkan kemampuan berpikir kreatif dan inovatif siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi yaitu gabungan antara metode kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif berupa one group pretest posttest design sedangkan penelitian kualitatif berupa data deskriptif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, wawancara, dan
dokumentasi.

Simpulan dari temuan yang telah dibaha pada penelitian ini adalah: 1) Berdasarkan hasil uji hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan dengan hasil Assym Sig 0.000 < 0.05 artinya model pembelajaran Treffinger dengan prinsip RME mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan inovatif siswa kelas X.11 SMAN 1 Jember dalam menyelesaikan soal SPLTV. 2) Berdasarkan analisis data terdapat 3 siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif dan inovatif level 0, 17 siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif dan inovatif level 1, 7 siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif dan inovatif level 2, dan 1 siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif dan inovatif level 3.

Keyword: level; kreatif dan inovatif; treffinger; rme

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Tarisa Arianda Suhadi
Date Deposited: 10 Mar 2023 09:52
Last Modified: 10 Mar 2023 09:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19953

Actions (login required)

View Item View Item