Pernikahan Dini Dan Membangun Keluarga Sakinah; Kisah Tiga Pelaku Pernikahan Dini Di Dusun Lengkong Barat Desa Mrawan Kecamayang Kabupaten Jember.

Aziz, Abdul (2019) Pernikahan Dini Dan Membangun Keluarga Sakinah; Kisah Tiga Pelaku Pernikahan Dini Di Dusun Lengkong Barat Desa Mrawan Kecamayang Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Abdul Aziz_082141028.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masyarakat pedesaan banyak yang melakukan praktek pernikahan dini. Hal ini di sebabkan kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya pendidikan. Tak heran jika pertahunnya pernikahan dini semakin meningkat. Salah satunya yang terjadi di Dusun Lengkong Barat Desan Mrawan Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Fokus maslah yang diteliti dalam skripsi ini : 1) Bagaimana persepsi para pelaku pernikahan dini tentang konsep keluarga? 2) Apa dampak yang dirasakan para pelaku pernikahan dini dalam membangun keluarga. Tujuan penlitian ini mengetahui persepsi pelaku pernikahan dini tentang konsep keluarga dan dampak yang dirasakan para pelaku pernikahan dini dalam membangun keluar. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti, menggunakan pendekatan metode kualitatif. Dimana terdapat sebuah penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan, yaitu observasi, wawancara, dan studi dekomentasi Hasil pelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaku pernikahan dini mampu menjalani sebagaimana orang yang melakukan pernikahan di usia dewasa. Artuinya dapat bertanggung jawab dan menjaga stabilitas keluarga baik secara personal maupun kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012821 Nikah Dini
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:55
Last Modified: 10 Mar 2023 02:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19955

Actions (login required)

View Item View Item