Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Bagi Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 1 Rambipuji Tahun Pelajaran 2018/2019.

Oktavia, Diah Mardhiah (2019) Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Bagi Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 1 Rambipuji Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Diah Mardhiah Oktavia_ T20151324.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pentingnya kreativitas guru dalam mengelola kelas untuk menciptakan dan mempertahankan proses pembelajaran yang kondusif sehingga peserta didik merasa nyaman dan senang dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran. Pengelolaan kelas menjadi tugas dan tanggungjawab guru dengan memberdayakan segala potensi yang ada dalam kelas demi keberlangsungan proses belajar mengajar. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah1) Bagaimana pengelolaan peserta didik dalam pembelajaran PAI dan budi pekerti kelas VIII di SMPN 1 Rambipuji?. 2) Bagaimana pengelolaan sarana prasarana dalam pembelajaran PAI dan budi pekerti bagi peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Rambipuji?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan pengelolaan peserta didik dalam pembelajaran PAI dan budi pekerti kelas VIII di SMPN 1 Rambipuji.2) Mendeskripsikan pengelolaan sarana prasarana dalam pembelajaran PAI dan budi pekerti bagi peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Rambipuji. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian menggunakan deskriptif. Sedangkan dalam menentukan subyek penelitian, peneliti menggunakan teknik purposive. Dalam teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan juga menggunakan teknik analisa data yaitu: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Selanjutnya dalam memeriksa tingkat keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber dan triagulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) dalam pengelolaan peserta didik kelas VIII a, b, c, d, guru agama di SMPN 1 Rambipuji ini hanya menegur saja kalau ada peserta didik yang gurau dan tidak mendengarkan, dan dalam mengajarnya sesuai dengan aturan yang sudah ada pada umumnya dan juga dalam mengajarnya selalu menggunakan metode ceramah dan praktik, akan tetapi yang sering digunakan dalam pengajaran dikelas menggunakan metode ceramah, karena dalam pembelajaran pendididkan agama Islam ini sangat membutuhkan penjelasan yang detail.2) pengelolaan sarana prasarana yang sudah tersedia didalam kelas seperti: papan tulis, spidol, kapur dan buku pedoman,itu semua sudah biasa digunakan oleh guru agama akan tetapi meskipun di sekolah disediakan elektronik berupa LCD guru pendidikan agama Islam ini tidak menggunakannya dalam pengajaran di kelas, karena dalam pengajarannya tidak menggunakan metode yang berbeda-beda melainkan hanya menggunakan metode ceramah saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:22
Last Modified: 10 Mar 2023 08:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19958

Actions (login required)

View Item View Item