Upaya Meningkatkan Emotional Spiritual Quotien (ESQ) Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Tamansari Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Rohman, Eka Rizky Fitriyah (2019) Upaya Meningkatkan Emotional Spiritual Quotien (ESQ) Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Tamansari Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Eka Rizky Fitriyah Rohman_084121123.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kecerdasan merupakan salah satu anugerah besar dari Allah SWT yang diberikan kepada manusia, dan menjadikannya sebagai salah satu kelebihan manusia dibandingkan dengan makhluk lainnya. Kecerdasan yang dimiliki manusia tidak hanya kecerdasan intelektual (IQ), namun juga kecerdasan emosi (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ). Ketiga kecerdasan ini harus bersinergi antara satu dengan yang lainnya, karena dengan ketiga kecerdasan ini manusia dapat mempertahankan dan meningatkan kualitas hidupnya. Fokus penelitian yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana upaya meningkatkan Emotional Spiritual Quotien (ESQ) siswa melalui kegiatan intrakurikuler di MTs. Darul Hikmah Tamansari Mumbulsari Jember tahun pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana upaya meningkatkan Emotional Spiritual Quotien (ESQ)siswa melalui kegiatan ekstrakulikuler di MTs. Darul Hikmah Tamansari Mumbulsari Jember tahun pelajaran 2018/2019?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan upaya meningkatkan Emotional Spiritual Quotien (ESQ) siswa melalui kegiatan intrakurikuler di MTs. Darul Hikmah Tamansari Mumbulsari Jember tahun pelajaran 2018/2019 dan 2) Mendeskripsikan upaya meningkatkan Emotional Spiritual Quotien (ESQ) siswa melalui kegiatan ekstrakulikuler di MTs. Darul Hikmah Tamansari Mumbulsari Jember tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif, sedangkan subjek penelitian dalam penelitian ini menggunakan purposive yang meliputi Kepala sekolah, Guru, dan Siswa. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, interview/wawancara dan dokumentasi, dengan metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, sedangkan untuk melihat keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan, 1) bahwa upaya meningkatkan ESQ melalui kegiatan intrakulikuler dilakukan dengan penggunaaan interaksi timbal balik antara pendidik dan peserta didik agar informasi yang disalurkan tepat guna, pendidik dalam menggunakan dan memanfaatkan materi, metode dan media pembelajaran menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik untuk mencapai peningkatan kecerdasan ESQ yang maksimal. 2) bahwa dalam upaya meningkatkan kecerdasan ESQ melalui kegiatan ekstrakulikuler pendidik memberikan motivasi dan pendalaman melalui kegiatan Asmaul Husna dan kegiatan pramuka untuk meningkatkan kecakapan serta kecerdasan emotional spiritual quotient peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:22
Last Modified: 10 Mar 2023 08:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19960

Actions (login required)

View Item View Item