Strategi Komunikasi Dakwah Melalui Program Acara Keagamaan “Sinaran Iman” di Radio Prosalina FM dan Program Acara Keagamaan “Titian Fajar” di Radio Suara Akbar FM.

Nuha, Fatimah Zuhrotin (2018) Strategi Komunikasi Dakwah Melalui Program Acara Keagamaan “Sinaran Iman” di Radio Prosalina FM dan Program Acara Keagamaan “Titian Fajar” di Radio Suara Akbar FM. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fatimah Zuhrotin Nuha_082141016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dakwah dapat dilakukan melalui berbagai media, salah satunya yaitu radio. Radio sebagai media dakwah yang bersifat auditif harus mampu membidik pendengar dengan cermat, agar pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik. Salah satu cara untuk melaksanakan dakwah melalui radio yaitu dengan melalui program acara keagamaan. Radio Prosalina FM mempunyai program acara keagamaan Sinaran Iman dan Radio Suara Akbar FM mempunyai program acara keagamaan Titian Fajar. Mereka tentunya mempunyai strategi komunikasi dakwah yang berbeda untuk membidik pendengar, sehingga program acara tersebut mampu bertahan sampai saat ini. Fokus masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi komunikasi dakwah melalui program acara keagamaan di Radio Prosalina FM dan Radio Suara Akbar FM? 2) Apa kelebihan dan kekurangan program acara keagamaan “Sinaran Iman” di Radio Prosalina FM dan “Titian Fajar” di Radio Suara Akbar FM?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan strategi komunikasi dakwah melalui program acara keagamaan di Radio Prosalina FM dan Radio Suara Akbar FM. 2) Mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan program acara keagamaan “Sinaran Iman” di Radio Prosalina FM dan “Titian Fajar” di Radio Suara Akbar FM. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis komparatif, sedangkan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah kedua stasiun radio mempunyai strategi komunikasi dakwah yang berbeda untuk membidik masing-masing pendengarnya. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mempertahankan program acara keagamaan tersebut, sehingga masih bisa eksis sampai saat ini. Radio Prosalina FM menggunakan bahasa keseharian masyarakat Jember agar pesan lebih mudah sampai kepada pendengar sebagai strategi yang digunakannya. Berbeda halnya dengan Radio Suara Akbar FM yang menggunakan teknis siaran lebih variatif sebagai strategi komunikasi dakwah yang digunakannya. Kata kunci: Strategi komunikasi dakwah, Program acara radio.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:22
Last Modified: 10 Mar 2023 08:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19961

Actions (login required)

View Item View Item