Pemberdayaan Masyarakat Melalui Badan Usaha Milik Desa Dalam Meningkatkan Kemandirian Desa Di Desa Ajung Kecamatan Ajung Kabupaten Jember.

Bakhtiyar, Ibnul (2019) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Badan Usaha Milik Desa Dalam Meningkatkan Kemandirian Desa Di Desa Ajung Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ibnul Bakhtiyar_082144007.pdf

Download (5MB)

Abstract

Badan Usaha Milik Desa Merupakan lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintahan desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian di Badan Usaha Milik Desa Ajong Rejo yang melakukan upaya pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kemandirian desa. Fokus masalah yang diteliti diskripsi ini adalahBagaimana mekanisme pemberdayaan masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa dalam meningkatkan kemandirian desa di Desa AjungKecamatan Ajung Kabupaten Jember. Adapun fokus masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana mekanisne pemberdayaan masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) dalam meningkatkan kemandirian desa?, 2) Apa faktor penduduk dalam pengembangan BUM Desa Ajong Rejo? 3) Apa hambatan dalam pengembangan BUM Desa Ajong Rejo? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mekanisme pemberdayaan masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa dalam meningkatkan kemandirian desa di Desa Ajung kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, observasi nonpartisipan, dan dokumentasi, sedangkan untuk menentukan keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber dan metode. Penelitian ini memperoleh kesimpulan, yaitu : 1) Masyarakat Desa Ajung mayoritas bekeja sebagai buruh tani, buruh perkebunan, dan karyawan swasta sedangkan untuk kesejahteraan masyarakat, jumlah keluarga yang belum sejahtera atau prasejahtera lebih banyak dari keluarga sejahtera, hal tersebut menunjukan bahwa tingkat kemandirian Desa Ajung perlu ditingkatkan lagi. Salah satu upaya Desa Ajung untuk memberdayakan masyrakat dalam meningkatkan kemandirian desa yaitu dengan mendirikan BUM Desa. Pemberdayaan masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa Ajong Rejo ini dilakukan melaui pengembangan tiga unit usaya yaitu Rumah Pangan Kita, fotokopi dan Penyediaan ATK, serta peminjaman modal usaha. Langkah pemberdayaan di atas mampu mensejahterakan masyarakat dan menjadikan Desa Ajung mandiri. 2) Faktor pendukung yang dimiliki BUM Desa Ajung Rejo diantaranya luasnya lahan pertanian yang ada di Desa Ajung, potensi pasar yang cukup luas, dan tingginya minat masyarakat untuk berwiraswasta. 3)Badan Usaha Milik Desa Ajong Rejo memiliki beberapa hambatan , untuk mengatasi hal tersebut Badan Usaha Milik Desa Ajong Rejo melakukan promosi, perencanaan pembangunan gedung mandiri untuk setiap unit usaha dan penambahan modal usaha serta menyusun rencana jangka pendek, menengah, dan panjang dalam pengembangan BUM Desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:22
Last Modified: 10 Mar 2023 08:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19964

Actions (login required)

View Item View Item