“perbedaan hasil belajar antara metode bernyanyi dan metode menirukan kosakata bahasa Arab siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tiga Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Khusna, Laifatul (2019) “perbedaan hasil belajar antara metode bernyanyi dan metode menirukan kosakata bahasa Arab siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tiga Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Latifatul Khusna_ T20154020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar digunakan guru sebagai penentu atau ukuran dalam mencapai suatu pendidikan. Namun kenyataanya tidak semua siswa dapat mencapai hasil yang baik khususnya pada mata pelajaran bahasa arab, karena pelajaran bahasa arab merupakan bahasa asing bagi siswa, dan siswa sulit mamahaminya karena harus menerjemahkan kedalam bahasa indonesia terlebih dahulu. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat dan menarik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu solusi yang tepat diterapkan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan metode bernyanyi dan menirukan untuk menghafal kosakata pada mata pelajaran bahasa arab. Metode bernyanyi ini sangat efektif digunakan untuk menghafal kosakata pelajaran bahasa arab, karena dengan bernyanyi siswa lebih mudah mengingat pelajaran apalagi dengan diselipkan lagulagu yang disukai oleh siswa. Selain itu, metode menirukan juga cocok untuk diterapkan dalam menghafal kosakata pada mata pelajaran bahasa arab, cara yang dikemas secara teratur dan sistematis untuk memudahkan mencapai tujuan pembelajaran dengan cara menirukan instruksi dari guru. Kedua metode tersebut sangat baik untuk diterapkan dalam pembelajaran bahasa arab. Sesuai dengan latar belakang tersebut dapat dirumuskan suatu permasalahan yaitu: adakah perbedaan hasil belajar antara metode bernyanyi dan metode menirukan kosakata Bahasa Arab siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Adapun tujuan dari rumusan masalah tersebut yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara metode bernyanyi dan metode menirukan mata pelajaran Bahasa Arab siswa kelas V di Madrasah Ibtida’iyah Negeri 03 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendekatan yang digunakan penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dimana peneliti memberikan perlakuan pada subjek dan melihat pengaruhnya dalam eksperimen tersebut. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan rumus independent sample T test di SPSS 22.00. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian di Madrasah Ibtida’iyah Negeri 03 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 menunjukkan bahwa: ada perbedaan hasil belajar antara metode bernyanyi dan metode menirukan kosakata Bahasa Arab siswa kelas V dengan hasil uji Independet Sample T-Test pada data post test bahwa diperoleh signifikansi 0,000 kurang dari taraf signifikansi (ɑ) = 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1904 Performing Arts and Creative Writing > 190499 Performing Arts and Creative Writing not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:22
Last Modified: 10 Mar 2023 08:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19968

Actions (login required)

View Item View Item