Peningkatan Perkembangan Sosial Emosional Melalui Permainan Tradisional Pada Anak di Raudlatul Athfal Perwanida 04 Desa Sempolan Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019.

Rahayu, Linda Sri (2019) Peningkatan Perkembangan Sosial Emosional Melalui Permainan Tradisional Pada Anak di Raudlatul Athfal Perwanida 04 Desa Sempolan Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Linda Sri Rahayu_T101511090.pdf

Download (5MB)

Abstract

Meningkatkan perkembangan sosial emosional sangat penting untuk anak usia dini, hal ini akan menjadi bekal saat anak memasuki dunia pergaulan yang lebih luas, dimana pengaruh teman-teman dan lingkungan sosial akan mempengaruhi kehidupannya. Salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan sosial emosional, adalah melalui permainan tradisional. Dimana permainan ini melibatkan berbagai kemampuan yang dimiliki anak dan permainan ini dapat melibatkan anak melakukan interaksi sosial. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1), bagaimana peningkatan perkembangan sosial emosional melalui permainan tradisional pada anak di RA Perwanida 04 Desa Sempolan Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 2), apa faktor penghambat dalam peningkatan perkembangan sosial emosional melalui permainan tradisional pada anak di RA Perwanida 04 Desa Sempolan Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1), untuk mendeskripsikan peningkatan perkembangan sosial emosional melalui permainan tradisional pada anak di RA Perwanida 04 Desa Sempolan Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 2), untuk mendeskripsikan faktor penghambat peningkatan perkembangan sosial emosional melalui permainan tradisional pada anak di RA Perwanida 04 Desa Sempolan Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di RA Perwanida 04 Sempolan Silo Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi partisipatif, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: data condensation, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: 1) peningkatan perkembangan sosial emosinal melalui permainan tradisional pada anak di Raudhatul Athfal Perwanida 04 Desa Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019, dilakukan dengan cara mengemas pembelajaran menjadi kegiatan yang menyenangkan, Adapun wujud peningkatan kemampuan sosial emosional anak dilakukan dengan cara membiasakan anak didik untuk belajar memiliki sikap tolong menolong, sikap terbuka untuk menerima kehadiran orang lain, dan membantu kesalahan temannya dalam bermain. 2) Faktor kendala dari peningkatan perkembangan sosial emosional melalui permainan tradisional pada anak di Raudhatul Athfal Perwanida 04 Sempolan Kecamatan Silo Kabupaten Jember yaitu menyangkut tentang faktor bahasa dan minimnya keterlibatan orang tua dalam mendampingi anak didik belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1905 Visual Arts and Crafts > 190599 Visual Arts and Crafts not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:23
Last Modified: 10 Mar 2023 08:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19975

Actions (login required)

View Item View Item