Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Menggunakan Metode Fahim Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Umam, Misbahul (2019) Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Menggunakan Metode Fahim Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Misbahul Umam_084 158 003.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata kunci: Fahim Qur’an. Al-Qur’an adalah pedoman hidup umat Islam yang menjabarkan permasalahanpermasalahan dunia, akherat serta agama yang memuat aturan makhluk dan way of life yang kekal abadi. Ironisnya, hasil riset PTIQ Jakarta menyebutkan bahwa jumlah Muslim Indonesia yang tidak mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar ada sekitar 60-70 persen, belum lagi dengan penghafal, pengamal serta yang memahaminya dengan baik dan benar. Oleh karena itu, metode pembelajaran Fahim Qur’an merupakan suatu alternatife yang lebih menyenangkan untuk mempelajari dan menghafal al-Qur’an. Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Rambipuji Jember merupakan salah satu lembaga pendidikan formal tingkat dasar yang menjadikannya sebagai kurikulum wajib dalam pembelajarannya, untuk ikut andil mempersiapkan generasi yang mampu membaca al-Qur’an dengan baik serta penghafal alQur’an di masa mendatang. Fokus penelitian skripsi ini adalah: 1. Bagaimana perencanaan pembelajaran tahfidzul Qur’an menggunakan metode Fahim Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Rambipuji tahun pelajaran 2018/2019 ?, 2. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tahfidzul Qur’an menggunakan metode Fahim Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Rambipuji tahun pelajaran 2018/2019 ?, 3. Bagaimana evaluasi pembelajaran tahfidzul Qur’an menggunakan metode Fahim Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Rambipuji tahun pelajaran 2018/2019 ?. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan pembelajaran tahfidzul Qur’an menggunakan metode Fahim Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Rambipuji tahun pelajaran 2018/2019. 2. Untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran tahfidzul Qur’an menggunakan metode Fahim Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Rambipuji tahun pelajaran 2018/2019. 3. Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran tahfidzul Qur’an menggunakan metode Fahim Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Rambipuji tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif dengan menggunakan purposive. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan tahapan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta data di analisis dengan teknik trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pembelajaran tahfidzul Qur’an menggunakan metode Fahim Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Rambipuji Jember tahun pelajaran 2018/2019 yaitu: 1. Perencanaan pembelajaran tahfidzul Qur’an ini dimulai dengan menentukan target hafalan, pembuatan silabus, pembuatan RPP oleh guru terkait, dengan waktu 35 menit sebelum mata pelajaran kurikulum di mulai, dan pengelompokkan peserta didik yang baik dan kondusif. 2. Pelaksanaan program tahfidzul Qur’an ini yaitu dengan menambah hafalan baru peserta didik, memurojaah materi yang telah dihafalkan, penyelesaian problem peserta didik dengan bijak. 3. Evaluasi pembelajaran tahfidzul Qur’an menggunakan metode Fahim Qur’an ini menggunakan 2 cara yaitu sumatif dan formatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:23
Last Modified: 10 Mar 2023 08:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19977

Actions (login required)

View Item View Item