Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure Terhadap Permainan Quizzstar Dalam Upaya Mengikis Aqidah Pengguna Media Sosial Muslim.

Bahri, Moh (2018) Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure Terhadap Permainan Quizzstar Dalam Upaya Mengikis Aqidah Pengguna Media Sosial Muslim. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh Bahri_082141042.pdf

Download (3MB)

Abstract

Quizzstar salah satu dari sekian banyak fenomena yang ada di media sosial dengan berbentuk kuis, dan konten-kontennya juga tidak lepas dari yang namanya ideologi. Penulis melihat, ada konten Quizzstar yang sepertinya mengganggu dan ada berindikasi merusak akidah para pengguna media sosial muslim. Fokus masalah yang ingin diteliti sesuai dengan pertanyaan penelitiannya, yaitu ada Lima. 1. Bagaimana permainan Quizzstar dalam berupaya mengikis akidah pengguna media sosial muslim, pada dataran signifier dan signified 2. Pada dataran form dan content. 3. Pada dataran Langue dan Parole. 4. Pada dataran Syncronic dan Diachcronic. 5. Pada dataran Syntacmatic dan Associative. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konten Quizsstar yang berupaya mengkis akidah pengguna media sosial muslim, sekaligus mengetahui bagaimana proses pendangkalan akidah melalui konten-konten tersebut, dalam menjalankan aksinya. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti mengunakan metode penelitian kualitatif interpretatif, dan semiotika Ferdinand de Saussure sebagai pisau analisisnya, sehingga penulis bisa mengaitkan antara pertanyaan , jawaban dan ramalan Quizzstar. Pengumpulan data menggunakan pengamatan secara langsung, observasi dan pengambilan dokumen-dokumen yang ada di dalam Quizzstar sendiri. Dengan menggunaan pisau semiotika Ferdinand de Saussure. Penelitian ini memperoleh kesimpulan. Bahwa, 1. ada banyak sekali konten Quizzstar yang berupaya mendangkalkan akidah Islam. 2. Banyak konten dengan ideologi tertentu yang disembunyikan dalam sebuah game atau kuis dengan kemasan yang sangat menarik. 3. Kristenisasi, bahkan tidak hanya sekedar pendangkalan, tapi sudah mengarah pada yang namanya kristenisasi. 4. Satanisme, sebagaimana terdapat dalam surat Al-Baqarah. 5. Agenda tersembunyi dalam menyesatkan akidah pengguna media sosial muslim. Key note: Permainan Quizzstar, Semiotika Ferdinand de Saussure, Media Sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:23
Last Modified: 10 Mar 2023 08:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19979

Actions (login required)

View Item View Item