Hubungan Kegiatan Tahsin dan Tahfidz dengan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di MAN 2 JEMBER Tahun Ajaran 2018/2019.

Fatkhulloh, Muhammad Alfan (2019) Hubungan Kegiatan Tahsin dan Tahfidz dengan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di MAN 2 JEMBER Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Alfan Fatkhulloh_T20151101.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kecerdasan emosional perlu dibimbing dan diarahkan sehingga emosinya berjalan dengan stabil, untuk mengontrol emosional dengan baik salah satu caranya dapat dilakukan dengan menghafal Al-Qur’an. Namun realitanya di era globalisasi ini tidak sedikit para penghafal Al-Qur’an yang terlena dengan gudjet, sehingga tidak lagi Al-Qur’an yang dibawa melainkan gudjet yang senantiasa menjadi pegangannya, Selain itu, tidak sedikit penghafal Al-Qur’an yang mengikuti daurah hafidz Qur’an dalam waktu singkat, namun setelah memperoleh gelar Al-Hafidz ia tidak kembali menjaga hapalannya, rendahnya dalam mengelola emosi, serta rendahnya rasa tanggungjawab terhadap dirinya sendiri maupun rasa empati terhadap orang lain. Program Tahsin difokuskan dalam kaidah membaca Al-Qur’an bagi siswa yang belum menguasai baca’an Al-Qur’an kemudian program Tahfidz merupakan program MAN 2 Jember yang memiliki pengawasan dan bimbingan khusus, ada 2 macam tahfidz yaitu tahfidz reguler (juz 30) dan tahfidz intensif (10 juz Berdasarkan Latar Belakang diatas maka dirumuskan : (1) Adakah hubungan program tahsin dengan kecerdasan emosional peserta didik di MAN 2 Jember?. (2) Adakah hubungan program tahfidz dengan kecerdasan emosional peserta didik di MAN 2 Jember? (3) Adakah hubungan program tahsin dan tahfidz dengan kecerdasan emosional peserta didik di MAN 2 Jember? Tujuan penelitian yaitu : (1) Untuk mengetahui hubungan program tahsin dengan kecerdasan emosional peserta didik di MAN 2 Jember. (2) Untuk mengetahui hubungan program tahfidz dengan kecerdasan emosional peserta didik di MAN 2 Jember. (3) Untuk mengetahui hubungan program tahsin dan tahfidz dengan kecerdasan emosional peserta didik di MAN 2 Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian surve, metode yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Sedangkan sampel yang digunakan yaitu sampel Populasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu angket, dokumentasi, dan wawancara. Hasil uji korelasi berganda menunjukan bahwa hubungan program tahsin dan tahfiz dengan kecerdasan emosional peserta didik di MAN 2 Jember koefisien korelasi adalah 0,335, hal ini menunjukan hubungan yang lemah. Sedangkan kontribusi atau sumbangan secara simultan variabel kegiatan tahsin dan tahfidz dengan kecerdasan emosional adalah 11,2% sedangan 88,8% ditentukan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:23
Last Modified: 10 Mar 2023 08:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19982

Actions (login required)

View Item View Item