Penghormatan terhadap arwah leluhur tradisi masyarakat jawa. (Studi Living Qur’an tentang pembacaan surah Yāsīn di dusun Durbugen, Kel.Sempusari, Kec.Kaliwates, Kab.Jember)

Purwanto, Adi (2018) Penghormatan terhadap arwah leluhur tradisi masyarakat jawa. (Studi Living Qur’an tentang pembacaan surah Yāsīn di dusun Durbugen, Kel.Sempusari, Kec.Kaliwates, Kab.Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Adi Purwanto_082142063.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penghormatan terhadap arwah leluhur tradisi masyarakat jawa, merupakan kegiatan yang dilakukan secara turun-temurun sejak zaman nenek moyang hingga sekarang. Khususnya masyarakat Dusun Durbugen, Kel.Sempusari, Kec. Kaliwates, Kab. Jember. kegiatan tersebut didalamnya terdapat prosesi pembacaan Surah Yasin yang di khususkan kepada para arwah leluhur yang sudah meninggal. Penelitian ini di batasi tiga fokus penelitian, yaitu: 1) Bagaimana keutamaan membaca Surah Yasin menurut masyarakat Durbugen ? 2) Bagaimana harapan masyarakat Durbugen terhadap arwah nenek moyang yang sudah meninggal? 3) Bagaimana respon masyarakat tentang adanya rutinan Surah Yasin?. 4). Bagaimana pelaksanan pembacan surah Yasin? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keutamaan membaca surah Yasin menurut masyarakat Durbugen, untuk mendeskripsikan harapan masyarakat Durbugen bagi arwah nenek moyang yang sudah meninggal, untuk mendekripsikan respon masyarakat tentang adanya rutinan surah Yasin dan Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembacaan surah Yasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan yang menggunakan paradigma Humanis atau secara umum disebut dengan penelitian kualitatif Fenomenologi. Data penelitian dikumpulkan menggunakan tiga tektik, yaitu observasi terlibat (memantau dan ikut serta dalam pelaksanaan), wawancara secara mendalam kepada informan yang terlibat maupun tidak, dan dokumentasi terkait Penghormatan arwah leluhur. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teori Max Weber, tentang tindakan sosial. Data-data tersebut dideskripsikan secara objektif, yaitu sesuai dengan hasil temuan di lapangan. Masyarakat Durbugen berkeyakinan bahwa keutamaan membaca surah Yasin sangat luar biasa, baik itu di hadiahkan kepada orang yang sudah meninggal ataupun sekedar membacanya sendiri. masyarakat berharap bahwa arwah leluhur yang sudah meninggal akan di ampuni dosa-dosanya dan di ringankan siksa kuburnya Masyarakat Durbugen sangat antusias sekali dengan adanya kegiatan Rutinan yasinan tersebut. Untuk pelaksanaan berangsur-angsur mulai tahap 7 hari, 40 hari, 100 hari dan 1000 hari. Tradisi tersebut tidak lain bertujuan untuk memintakan ampunan kepada arwah nenek moyang yang sudah meninggal dengan di bacakan Yasin, Tahlil, Do’a dan beberapa Kalimah Thayyibah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:23
Last Modified: 10 Mar 2023 08:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19983

Actions (login required)

View Item View Item