Peran Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah – Kenapa Takut Bid’ah (PISS KTB) dalam mengkomunikasikan pesan Islam di media virtual.

Rizky, Agus Angga (2018) Peran Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah – Kenapa Takut Bid’ah (PISS KTB) dalam mengkomunikasikan pesan Islam di media virtual. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Agus Angga Rizky_082 131 028.pdf

Download (9MB)

Abstract

Perkembangan di era globalisasi ini, terutama dibidang teknologi dan komunikasi membawa berbagai kemudahan, perubahan bahkan kebiasaan baru masyarakat kita. Namun dibalik kemudahan dan kebiasaan baru yang dapat memanjakan kita tersebut, terdapat juga kesulitan dan masalah baru yang ditimbulkannya, terutama dikalangan muslim maupun masyarakat kita pada umumnya. Seperti bagaimana hukumnya membersihkan baju yang najis dengan menggunakan mesin cuci, hukum mengenakan krudung yang bermodel dan masalah – masalah lain tentang keislaman. Mengingat munculnya masalah baru tersebut, tentu membutuhkan solusi baru juga. Perkembangan teknologi sekaligus didorong dengan meningkatnya pengguna internet dapat kita manfaatkan untuk mengatasi permasalahan di kalangan masyarakat. Seperti yang dilakukan PISS KTB yang menyediakan ruang diskusi tentang masalah keislaman. Apalagi komunitas ini berbeda dengan komunitas diskusi lainnya yang berada di dunia nyata, akan tetapi berada di dunia maya. Maka dari itu peneliti tertarik untuk mengatahui peran dan faktor pendukung maupun faktor penghambatnya dalam menyampaikan pesan Islam di dunia maya tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian difokuskan pada : a) bagaimana peran PISS KTB dalam mengkomunikasikan pesan Islam di media virtual, dan b) apa saja faktor yang mendukung dan menghambat PISS KTB dalam mengkomunikasikan pesan Islam di media virtual. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah a) mendeskripsikan peran PISS KTB dalam mengkomunikasikan pesan Islam di media virtual, dan b) mendeskripsikan faktor yang mendukung dan menghambat PISS KTB dalam mengkomunikasikan pesan Islam di media virtual. Metode yang digunakan peneliti ialah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triagulasi sumber dan triagulasi teknik atau metode. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran PISS KTB dalam mengkomunikasikan pesan Islam di media virtual adalah a) memfasilitasi tempat diskusi keislaman, b) menyebarkan informasi keislaman, c) memberikan bahan edukasi, d) meyakinkan member, e) mempererat ukhuwah islamiyah. Sedangkan faktor pendukungnya adalah : a) terkenal di dunia maya, b) jawaban yang efektif, c) totalitas para mujawwib, d) komunitas yang aktif, e) royalitas para donatur, f) memiliki usaha mandiri, g) bertindak tegas dalam diskusi, h) menerapkan sistem pesantren di dunia maya, i) pengaruh globalisasi. Adapun faktor penghambatnya adalah gangguan semantik dan belum ada penyegaran dalam struktur kepengurusan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:23
Last Modified: 10 Mar 2023 08:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19984

Actions (login required)

View Item View Item