Tradisi Pengamalan Zikir Pagi Dan Petang (Kajian Living Qur’an Terhadap Pembacaan Al-Ma’tsûrât Di Pondok Pesantren Al-Qur’an Ibnu Katsir Patrang Jember).

Ulumuddin, Ahyak (2017) Tradisi Pengamalan Zikir Pagi Dan Petang (Kajian Living Qur’an Terhadap Pembacaan Al-Ma’tsûrât Di Pondok Pesantren Al-Qur’an Ibnu Katsir Patrang Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahyak Ulumuddin_082 132 041.pdf

Download (12MB)

Abstract

Membaca al-Qur’an diyakini sebagai bentuk ibadah dan zikir terbaik, atau secara vertikal, membaca al-Qur’an dinilai lebih utama daripada berdo’a dan berzikir kalimat-kalimat zikir tertentu. Tetapi para pengurus dan santri Pondok Pesantren Al-Qur’an Ibnu Katsir lebih memilih untuk membaca al-Ma’tsûrât di pagi dan petang daripada membaca al-Qur’an yang secara teoritis termasuk zikir yang paling utama, begitu pula Penerapan zikir pagi dan petang di Pondok Pesantren Al-Qur’an Ibnu Katsir relatif berbeda dengan zikir-zikir yang banyak dibaca di masyarakat baik dari segi content maupun cara pelaksanaannya. Fokus penelitian ini adalah: 1) Apa landasan pelaksanaan zikir pagi dan petang di Pondok Pesantren Al-Qur’an Ibnu Katsir Patrang Jember? 2) Bagaimana pemahama pengurus dan santri Pondok Pesantren Al-Qur’an Ibnu Katsir Patrang Jember tentang zikir pagi dan petang? 3) Bagaimana penerapan zikir pagi dan petang di Pondok Pesantren Al-Qur’an Ibnu Katsir Patrang Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui apa landasan pelaksanaan zikir pagi dan petang di Pondok Pesantren Al-Qur’an Ibnu Katsir Patrang Jember 2) Mengetahui bagaimana pemahama pengurus dan santri Pondok Pesantren AlQur’an Ibnu Katsir Patrang Jember tentang zikir pagi dan petang 3) Mengetahui bagaimana penerapan zikir pagi dan petang di Pondok Pesantren Al-Qur’an Ibnu Katsir Patrang Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersumber dari data di lapangan (field research), dengan jenis pendekatan fenomenologi. Adapun subjek penelitian menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verification. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa landasan pelaksanaan zikir pagi dan petang di Pondok Pesantren Al-Qur’an Ibnu Katsir Patrang Jember, yaitu: ayat-ayat al-Qur’an yang menjelaskan tentang zikir baik itu secara umum maupun secara khusus, sedangkan pemahaman pengurus dan santri Pondok Pesantren Al-Qur’an Ibnu Katsir Patrang Jember beragam ada yang memahami bahwasanya perintah zikir sebanyak-banyaknya diwaktu pagi dan petang, dan ada juga yang mengatakan bahwasanya zikir sebanyak-banyaknya tidak terbatas waktu mulai dari pagi sampai petang. Penerapan zikir pagi dan petang yaitu di baca setiap setelah sholat subuh dan setelah ashar secara berjama’ah dan ada satu santri yang memimpin maju kedepan dengan menggunakan pengeras suara dan yang lainnya mengikuti pemimpin zikir tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:24
Last Modified: 10 Mar 2023 08:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19988

Actions (login required)

View Item View Item