Pola Komunikasi Hubungan Jarak Jauh Anak Terhadap Orang Tua (Studi Fenomenologi Himpunan Mahasiswa Patani Indonesia (HMPI) di IAIN Jember)

Hasanah, Ana Lailatul (2017) Pola Komunikasi Hubungan Jarak Jauh Anak Terhadap Orang Tua (Studi Fenomenologi Himpunan Mahasiswa Patani Indonesia (HMPI) di IAIN Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ana Lailatul Hasanah_082 131 002.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada umumnya anak dengan orangtua berhubungan dekat atau sering berkomunikasi tatap muka karena tinggal dalam satu rumah. Tetapi lain halnya dengan orangtua dan anak yang tidak tinggal serumah atau berhubungan jarak jauh. Komunikasi jarak jauh ini menimbulkan tidak terpenuhinya kebutuhan berupa hubungan emosional yang tidak terjalin lagi dengan baik dan kedekatan yang berkurang sehingga terjadi hubungan yang renggang karena kurangnya berkomunikasi. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pola komunikasi hubungan jarak jauh mahasiswa Patani terhadap orang tuanya? 2) Apa dampak dari komunikasi jarak jauh antara mahasiswa Patani dengan orang tuanya?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan serta memahami bagaimana pola komunikasi hubungan jarak jauh mahasiswa Patani dengan orang tuanya. 2) Untuk mendiskripsikan apa dampak dari komunikasi jarak jauh antara mahasiswa Patani dengan orang tuanya. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis peneitian fenomenologi. Subjek penelitiannya menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulannya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan dalam menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil penelitian sebagai berikut: 1) Komunikasi yang terjadi antara anak dengan orang tua adalah komunikasi interpersonal dengan pola komunikasi sekunder yaitu proses komunikasi yang berlangsung menggunakan alat atau sarana sebagai media. Media yang digunakan yaitu telepon, facebook dan Line, ada komunikasi yang berjalan dengan baik namun adapula komunikasi yang tidak berjalan dengan baik. Bentuk komunikasi ada tiga yaitu Devensive Climate, Dependencies dan Progressive Spirals.2) dampak dari komunikasi hubungan jarak jauh yaitu tidak terpenuhinya kebutuhan fisiologi maupun kebutuhan psikologi, namun juga memberikan dampak positif yaitu mulai terbentuk sifat kemandirian, kedewasaan serta rasa sosial yang tinggi terhadap sesama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:24
Last Modified: 10 Mar 2023 08:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19998

Actions (login required)

View Item View Item