Pengelolaan Produksi Konten Acara Religi: Studi Atas Pengelolaan Produksi Daily Movie Pada Acara Modern Muslim di SBO TV Surabaya.

Rizqiyanti, Orchita (2018) Pengelolaan Produksi Konten Acara Religi: Studi Atas Pengelolaan Produksi Daily Movie Pada Acara Modern Muslim di SBO TV Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Orchita Rizqiyanti_082 141 045.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dewasa ini perkembangan teknologi komunikasi dan informasi telah mempengaruhi dunia penyiaran di Indonesia dan memunculkan fenomena baru. Munculnya media baru bisa dikatakan bergabungnya media telekomunikasi tradisional dengan internet sekaligus. Teknologi komunikasi dan informasi baru (new media) lambat laun mengambil alih hampir semua kemampuan yang dimiliki oleh media konvensional, bahkan pada titik tertentu new media memberikan lebih dari apa yang bisa diberikan oleh media konvensional. Hal ini menjadikan sebuah fenomena di mana teknologi komputer dan internet yang bersifat interaktif membaur dengan teknologi media komunikasi konvensional yang bersifat masif. Melihat fenomena tersebut tim produksi Program Acara Modern Muslim mengambil inisiatif menghadirkan suatu konten bernama Daily Movie, dimana penonton dapat langsung mengakses konten tersebut dari media sosial Instagram milik Modern Muslim. Adapun konten acara yang ditayangkan tentunya telah melewati proses manajemen produksi sesuai dengan prosedur yang ada, hal ini memunculkan pertanyaan, bagaimana proses pengelolaan produksi konten acara Daily Movie di program acara Modern Muslim SBO TV? Proses Pengelolaan yang diterapkan sama halnya dengan fungsi manajemen yang ada pada umumnya, yaitu planning – perencanaan, organizing – pengorganisasian, actuating – pelaksanaan, dan controlling – pengawasan. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Peneliti tidak menguji hipotesis, dan hanya menjelaskan dan menggambarkan secara kualitatif dari objek penelitiannya yaitu pengelolaan produksi konten acara Daily Movie di program acara Modern Muslim SBO TV Surabaya. Adapun kesimpulan dari penelitian dan pencarian data melalui pengamatan, dokumentasi, dan wawancara. Maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwa pengelolaan konten acara ini tidak jauh berbeda dengan proses pengelolaan program / konten acara pada program produksi lainnya. Namun adanya inovasi baru yaitu memunculkan konten tambahan pada sosial media sebagai jalan pintas bagi penonton untuk mengakses progam acara ini dinilai sangat tepat, karena khalayak saat ini lebih memprioritaskan hal yang bersifat fleksibel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:26
Last Modified: 10 Mar 2023 08:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20006

Actions (login required)

View Item View Item