Pembelajaran Menulis Al-Qur’an Menggunakan Kitab Kitabaty di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Azhar Rambipuji Jember.

Rubiantica, Risca (2019) Pembelajaran Menulis Al-Qur’an Menggunakan Kitab Kitabaty di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Azhar Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Risca Rubiantica_T20151229.pdf

Download (10MB)

Abstract

Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Al-Azhar Rambipuji Jember sebagaimana latar belakang diterapkannya metode kitabaty yaitu santri banyak yang masih belum bisa menulis huruf Al-Qur’an dengan baik dan benar. Dengan masalah inilah yang mendorong Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Azhar menerapkan kitab kitabaty sebagai pembelajaran menulis Al-Qur’an. Yang mana kitab kitabaty ini merupakan buku praktis belajar menulis Al-Qur’an yang dapat membantu mempermudah anak dalam belajar menulis huruf Al-Qur’an menggunakan khath naskhi yang diperuntukkan bukan hanya untuk anak Taman Kanak-kanak/Taman Pendidikan (TK/TP) Al-Qur’an melainkan juga ada khusus pembelajaran untuk anak PAUD. Fokus penelitian dalam penelitian ini ialah meliputi: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran menulis Al-Qur’an menggunakan kitab kitabaty di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Azhar Rambipuji Jember?; (2) Bagaimana bentuk pelaksanaan pembelajaran menulis Al-Qur’an menggunakan kitab kitabaty di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Azhar Rambipuji Jember? dan (3) Bagaimana bentuk evaluasi pembelajaran menulis Al-Qur’an menggunakan kitab kitabaty di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Azhar Rambipuji Jember? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan Jenis penelitian lapangan (field research). Subyek penelitian dilakukan dengan cara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu: Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif milik Miles Hubberman, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Adapun hasil penelitian ini ialah: (1) Perencanaan pembelajaran kitab kitabaty dilakukan dengan 3 tahap yaitu: a) Penentuan tujuan pembelajaran yang dilakukan ustadz/ustadzah saat awal pembelajaran, b) Penentuan tingakatan kitab kitabaty, tingkatan dilakukan untuk menentukan kitabaty untuk anak PAUD maupun anak TK/TP Al-Qur’an, dan c) Menyiapkan media/alat dan sumber belajar. Medianya yaitu berupa alat tulis yang digunakan santri dan sumber belajarnya buku praktis belajar menulis huruf Al-Qur’an yaitu kitab kitabaty; (2) Bentuk pelaksanaan pembelajaran kitab kitabaty terdapat hal-hal yang harus diperhatikan yaitu : a) Penyampaian materi pada kitab kitabaty yang diberikan disesuaikan dengan anak-anak seusianya, b) Pemakaian media pembelajaran mengunakan media papan tulis, bangku dan media cetak berupa kitab kitabaty, c) Penerapan Strategi pembelajaran menggunakan strategi ekspositori dan ada juga yang menggunakan strategi inkuiri, (3) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran menggunakan evaluasi non tes berupa observasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:25
Last Modified: 10 Mar 2023 08:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20011

Actions (login required)

View Item View Item