Peran Dakwah ustadz Rohim Sugianto melalui Kesenian Jaranan pada Masyarakat di Dusun Kraton Desa Wonoasri Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember.

Khasanah, Riszalatul (2018) Peran Dakwah ustadz Rohim Sugianto melalui Kesenian Jaranan pada Masyarakat di Dusun Kraton Desa Wonoasri Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Riszalatul Khasanah_082141032.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kesenian jaranan sebagai media dakwah, inilah yang di lakukan oleh ustadz Rohim Sugianto di Dusun Kraton dengan melibatkan anak-anak atau siswanya sebagai pelakon kesenian jaranan. Karena anak-anak merupakan tombak estafet Dusun Kraton untuk mengubah yang lebih baik. ustadz Rohim Sugianto adalah tokoh masyarakat.yang kehadirannya bertekad mengajak anak-anak di Dusun Kraton untuk menjadi generasi penerus yang dapat memahami ilmu agama serta mampu mengamalkannya di lingkungan sosial. ustadz Rohim Sugianto melihat masyarakatnya yang menyukai kesenian jaranan yang penuh dengan magis dan spiritualnya dan akan berdampak pada anak-anak yang mengikuti atau melihatnya, maka ustadz Rohim membuat sebuah kesenian jaranan tanpa unsur magis dan spiritualnya. Sehingga terciptalah kesenian jaranan sebagai media dakwah ustadz Rohim Sugianto. Adapun fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1. Bagaimana peran ustadz Rohim Sugianto menggunakan kesenian jaranan sebagai media dakwah pada masyarakat. 2. Bagaimana tanggapan masyarakat Dusun Kraton Desa Wonoasri Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember terhadap kesenian jaranan sebagai media dakwah. Tujuan penelitian ini 1. Mendeskripsikan peran ustadz Rohim Sugianto menggunakan kesenian jaranan sebagai media dakwah. 2. Mengetahui tanggapan masyarakat Dusun Kraton Desa Wonoasri Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember terhadap kesenian jaranan sebagai media dakwah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis deskriptif agar hasil penelitian dapat dijelaskan secara jelas dan mendekati makna serta ketajaman analisis logis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya metode analisa data menggunakan reduksi data dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran ustadz Rohim Sugianto menggunakan kesenian jaranan sebagai media dakwah dapat di katakan dakwah yang efektif. Melihat banyaknya manfaat seperti mendidik anak-anak untuk terus berbuat kebaikan, menanamkan nilai-nilai keIslaman, serta melestarian budaya. Tanggapan masyarakat awam yang positif membuktikan dakwah kesenian jaranan sebagai dakwah yang efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:25
Last Modified: 10 Mar 2023 08:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20013

Actions (login required)

View Item View Item