Analisis Semiotik Budaya Terhadap Arsitektur Masjid Muhammad Cheng Hoo Jember dan Relevansinya dengan Tujuan Dakwah

Fauziyanti, Eva (2018) Analisis Semiotik Budaya Terhadap Arsitektur Masjid Muhammad Cheng Hoo Jember dan Relevansinya dengan Tujuan Dakwah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Eva Fauziyanti_082141008.pdf

Download (9MB)

Abstract

Agama dan kebudayaan adalah dua hal yang selalu menarik untuk dicermati. Hal ini disebabkan karena bagi hidup manusia, keduanya selalu menjadi hal yang tidak terelakkan. Sulit untuk membayangkan agam tanpa kebudayaan atau sebaliknya, kebudayaan berlangsung tanpa agama. Dalam sejarah manusia, agama dan kebudayaan saling bahu membahu menjaga kelestarian masyarakat dengan berbagai penataan hukum.Islam adalah agama yang mempunyai hukum dan kekuata yang telah ditetapkan. Dalam Islam memuat sejumlah ajaran yang tidak terbatas pada aspek peradaban. Masjid Muhammad Cheng Hoo Jember salah satu contoh peradaban islam. Arsitekturnya yang dipadukan dengan budaya Tionghoa, Jawa dan Arab memiliki makna tersendiri serta menjadi pusat perhatian dikalangan masyarakat bahkan di jadikan sebagai salah satu tujuan untuk berwisata. Adapun fokus masalah dalam penelitian ini adalah 1). Apa saja makna arsitektur Masjid Muhammad Cheng Hoo Jember dan relevansinya dengan tujuan dakwah Dan 2). Apa saja nilai-nilai budaya yang diekspresikan pada setiap unsur arsitektur Masjid Muhammad Cheng Hoo Jember. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui makna yang terdapat pada setiap unsur arsitektur Masjid Muhammad Cheng Hoo Jember dan relevansinya dengan tujuan dakwah serta 2).Untuk mengetahui apa saja nilai-nilai budaya yang diekspresikan pada setiap unsur arsitektur Masjid Muhammad Cheng Hoo Jember Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tujuannya adalah agar dapat menguraikan hasil analisis semiotika. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian lapangan yang diperoleh, dapat di simpulkan bahwa makna simbol yang terdapat di arsitektur Masjid Muhammad Cheng Hoo Jember dapat dikategorikan menjadi tiga yaitu Ikon (Icon), Indeks (Index), Simbol (Symbol), jika makna simbol arsitektur Masjid Muhammad Cheng Hoo Jember dikaitkan dengan tujuan dakwah maka tidaklah menyimpang dari ajaran Islam, karena menurut pengurus masjid dan pengurus PITI dibangunnya Masjid Muhammad Cheng Hoo Jember bertujuan untuk merangkul para Muallaf, menjadi pusat perhatian para non muslim serta mengajarkan untuk saling bersikap toleransi. Sedangkan nilai budaya yang diekspresikan pada setiapa unsur arsitektur Masjid Muhammad Cheng Hoo Jember adalah:(a) nilai spiritual, (b) nilai sosial, dan (c) nilai identitas budaya. Semua itu terlihat dari ketika berinteraksi dengan tuhannya, visi dan misi serta kenyakinan yang masih kental terhadap makna warna dan lainnya yang terdapat di Masjid Muhammad Cheng Hoo Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200299 Cultural Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:25
Last Modified: 10 Mar 2023 08:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20015

Actions (login required)

View Item View Item