Praktik Pengobatan menggunakan ayat-ayat Alquran di Desa Benelanlor Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi (Studi Living Qur’an).

Hasanah, Rohimatul (2017) Praktik Pengobatan menggunakan ayat-ayat Alquran di Desa Benelanlor Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi (Studi Living Qur’an). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rohimatul Hasanah_082 132 001.pdf

Download (5MB)

Abstract

Adanya Alquran sebagai penawar menambah keyakinan terhadap kalam Tuhan yang dimanifestasikan dalam suatu praktik pengobatan dengan media Alquran. Fenomena yang terjadi, didasari oleh suatu pemahaman serta kepercayaan yang ada sejak dulu dan masih dilakukan hingga sekarang sehingga praktik pengobatan dengan menggunakan ayat-ayat Alquran masih marak di tengah majunya ilmu pengetahuan dibidang kedokteran saat ini. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana praktik pengobatan dengan menggunakan ayat Alquran di Desa Benelanlor kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi? 2. Bagaimana pemahaman pelaku pengobatan terhadap ayat-ayat Alquran yang dijadikan sebagai media pengobatan di Desa Benelanlor Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi terhadap studi Living Qur’an dalam bentuk praktik pengobatan menggunakan ayat-ayat Alquran, dengan menggunakan metode observasi, wawancara secara mendalam dan dokumentasi atas data-data primer terkait dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik pengobatan dengan menggunakan ayat-ayat Alquran merupakan sebuah upaya atau tindakan yang dilakukan oleh pelaku pengobatan secara turun-temurun dalam rangka mengobati suatu penyakit menggunakan media ayat-ayat Alquran pilihan, dengan waktu dan tempat serta bahan-bahan tertentu menggunakan beberapa cara berdasarkan jenis penyakit yang di derita. Dalam hal ini termasuk dalam kategori tipe tindakan sosial tradisionalis. Sementara pemahaman terhadap ayat-ayat yang digunakan sebagai media pengobatan mengacu kepada pemahaman serta keyakinan penuh atas kemampuan ayat-ayat yang digunakan. Terdapat sepuluh ayat yang digunakan, semua di pahami di bawah dominasi perasaan secara langsung. Dalam hal ini termasuk dalam kategori tipe tindakan sosial affective atau emosional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:26
Last Modified: 10 Mar 2023 08:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20016

Actions (login required)

View Item View Item