Peran Komunikasi Masyarakat Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja di Dusun Gumuksari Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember

Azizah, Fiqrotul (2018) Peran Komunikasi Masyarakat Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja di Dusun Gumuksari Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fiqrotul Azizah_082 131 014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari begitu penting bagi setiap insan manusia, untuk menciptakan masyarakat yang tentram adil dan makmur. Usia remaja adalah masa peralihan status dari anak-anak menuju kedewasaan. Masa remaja penuh dengan cobaan dan godaan yang harus dilalui dengan bekal pendidikan keluarga, sekolah dan masyarakat karena mereka generasi penerus masa depan sebuah bangsa. Dusun Gumuksari Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember adalah termasuk dari sekian Dusun yang dihuni oleh banyak remaja, namun disana masih ada remaja yang berprilaku tidak wajar seperti teman sebaya pada umumnya baik dalam berbicara, bersikap dan berprilaku misalnya dengan mabuk-mabukan,bergaul dengan remaja lawan jenis yang bukan muhrimnya. Fenomena ini perlu adanya penanggulangan apa yang menjadi penyebab kenakalan remaja di Dusun Gumuksari Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana peran komunikasi masyarakat dalam menanggulangi kenakalan remaja di Desa Nogosari Gumuksari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember? 2) Apa saja penyebab kenakalan remaja baik dari lingkup internal maupun eksternal? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui bagaimana peran komunikasi masyarakat dalam menanggulangi kenakalan remaja. 2) Untuk mengetahui apa saja yang menjadi penyebab kenakalan remaja yang ada di desa Nogosari Gumuksari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian Deskriptif. Penentuan informannya menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah : 1). Peran Komunikasi Masyarakat dalam Menanggulangi kenakalan remaja di Dusun Gumuksari Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember adalah menjalin komunikasi masyarakat dalam bekerjasama dengan perangkat RT/RW dan pemberian nasehat juga peringatan dari tokoh agama dan tokoh masyarakat. 2). Sedangkan untuk menanggulangi kenakalan remaja ada beberapa kendala intern yang harus ditanggulangi di antaranya : minimnya kegiatan perbaikan mental, kurangnya motivasi dan perhatian orang tua kepada anak dan pendidikan yang rendah dari orang tua. Sedangkan faktor ekternalnya diantaranya sebagai berikut : kurangnya pemantauan perangkat RT/RW dan desa terhadap pergaulan remaja dan lebih pro aktif mengadakan Pos Keamanan Keliling tidak hanya menunggu adanya laporan dari masyarakat tentang kenakalan remaja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:26
Last Modified: 10 Mar 2023 08:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20020

Actions (login required)

View Item View Item