Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pokok Bahasan Teorema Pythagoras pada siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Jember.

Mutimmah, Umriyatul (2020) Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pokok Bahasan Teorema Pythagoras pada siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Umriyatul Mutimmah_T20157022.pdf

Download (23MB)

Abstract

Kata Kunci : Kemampuan Koneksi Matematis, Soal Cerita. Salah satu karakteristik matematika yaitu siswa menguasai keterkaitan antara materi satu dengan yang lainnya. Materi yang akan dipelajari harus memenuhi atau menguasai materi sebelumnya. Dari pernyataan tersebut jelas sangat penting untuk memahami materi sebelumnya untuk mempelajari materi selanjutnya atau biasa disebut dengan koneksi matematis. Koneksi matematis merupakan suatu kegiatan yang penting karena tanpa koneksi siswa dituntut untuk mengaitkan beberapa konsep. Ada 3 jenis koneksi matematika yaitu mengaitkan antar konsep matematika, konsep matematika dengan ilmu yang lainnya, dan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah kemampuan koneksi matematis siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal cerita matematika pokok bahasan teorema pythagoras? 2) Bagaimanakah kemampuan koneksi matematis siswa berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal cerita matematika pokok bahasan teorema pythagoras? 3) Bagaimanakah kemampuan koneksi matematis siswa berkemampuan.matematika rendah dalam menyelesaikan soal cerita matematika pokok bahasan teorema pythagoras?. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrument yang digunakan adalah instrument tes koneksi matematis (TKM) dan pedoman wawancara. Proses analisis data terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan/ verifikasi. Untuk menguji keabsahan dari data dalam penelitian ini peneliti menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Subjek kemampuan matematika tinggi dapat memenuhi 4 indikator yaitu koneksi matematika mengaitkan antar konsep dalam satu topik yang sama, koneksi antar topik dalam matematika yang mengaitkan antar materi, koneksi antara materi matematika dengan ilmu lain selain matematika, dan koneksi antara matematika dengan kehidupan seharii-hari dengan baik. 2) subjek kemampuan matematika sedang dapat memenuhi 2 indikator yaitu koneksi matematika mengaitkan antar konsep dalam satu topik yang sama, koneksi antar topik dalam matematika yang mengaitkan antar materi. 3) subjek kemampuan matematika rendah memenuhi 1 indikator yaitu koneksi matematika mengaitkan antar konsep dalam satu topik yang sama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0105 Mathematical Physics > 010599 Mathematical Physics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Mar 2023 09:44
Last Modified: 10 Mar 2023 09:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20026

Actions (login required)

View Item View Item