Strategi Komunikasi Nyai Hj Hamdanah Dalam Membangun Kesetaraan Gender Bagi Masyarakat Jember.

Khotimah, Wiwik Husnul (2018) Strategi Komunikasi Nyai Hj Hamdanah Dalam Membangun Kesetaraan Gender Bagi Masyarakat Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wiwik Husnul Khotimah_ 082141030.pdf

Download (4MB)

Abstract

Isu tentang gender merupakan salah satu topik kajian yang masih menyisakan “perdebatan” dalam Islam. Menjadi “perdebatan” karena tidak semua kalangan mau menerimanya. Sebagain menolak isu tersebut dengan alasan, islam tidak membenarkan adanya persamaan gender. Islam memandang istilah gender sebuah keniscayaan yang tidak kontradiksi dengan ajarannya. Sebagaimana yang ditegaskan dalam Al-Qur’an. Dra. Hj. Hamdanah, M. Hum dia adalah pengasuh pondok pesantren Shofa Marwa di Jalan Kalisat, Desa Patemon, Kecamatan Pakusari, Kabupaten Jember. Sekaligus aktivis gender dikabupaten Jember dan juga guru besar di Universitas Islam Jember. Dia merupakan kader emansipasi wanita dengan menggunakan strategi komunikasi yang handal dengan memanfaatkan media serta kedudukan dirinya yang memumpuni di tengah-tengah masyarakat. Beliau juga sering mengisi seminar dan acara lain-lain yang berkaitan dengan gender. Fokus penelitian yang diteliti dalam sebuah skripsi ini adalah: 1). Bagaimanakah strategi yang dilakukan Ny. Hj. Hamdanah untuk membangun kesetaraan gender bagi masyarakat Jember? 2). Apa sajakah hambatan komunikasi dalam membangun kesetaraan gender? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan segala permasalahan yang menjadi fokus masalah dalam penelitian ini yaitu: 1). Untuk mendeskripsikan strategi komunikasi yang dilakukan Nyai Hj. Hamdanah dalam membangun kesetaraan gender bagi masyarakat Jember. 2). Untuk mendeskripsikan hambatan komunikasi dalam membangun kesetaraan gender. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan menggunakan analisis yang bersifat deskriptif, menganalisis Strategi komunikasi Nyai Hj. Hamdanah dalam membangun kesetaraan gender bagi masyarakat Jember. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara secara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan dalam penelitian ini: 1) Adapun strategi atau metode yang dilakukan oleh Nyai Hamdanah yakni melalui lisan dan tulisan secara fleksibel. Melalui lisan seperti: kajian-kajian penelitian, melalui seminar, melalui talk show dan ceramah. Melalui tulisan seperti: karya tulis ilmiah, hasil penelitian dan melalui kajian-kajian ilmiah. Melakukan pendekatan kepada pembuat kebijakan untuk membuat PERDA dan PERDUP, serta berdiskusi dengan LSM, PKK dan juga melalui pendekatan struktural demokrasi. 2) Hambatan-hambatan yang dihadapi oleh Nyai Hj. Hamdanah yaitu kultural, personal, interpretasi, struktural, para masyarakat yang tidak benar-benar menerapkan materi yang disampaikan, belum banyak relasi dalam membangun konsep kesetaraan gender, miss communication mengenai kesetaraan gender dan masyarakat Jember alergi mendengar kata gender. Kata Kunci : Strategi komunikasi, kesetaraan gender.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Mar 2023 09:44
Last Modified: 10 Mar 2023 09:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20033

Actions (login required)

View Item View Item