Analisis PSAK No. 105 Mengenai Akuntansi Mudharabah pada PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Jember.

Istiqomah, Ita Faizatul (2016) Analisis PSAK No. 105 Mengenai Akuntansi Mudharabah pada PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ita Faizatul Istiqomah_083122098.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bank syariah adalah badan usaha yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah. Tak heran jika banyak Bank Syariah yang digunakan sebagai tempat peminjaman dan penyimpanan dana, salah satunya BNI Syariah Jember. Pada prinsipnya dalam penyaluran dana mudharabah tidak ada jaminan, namun agar pengelola dana tidak melakukan penyimpangan maka pemilik dana dapat meminta jaminan dari pengelola dana atau pihak ketiga. Jaminan ini hanya dapat dicairkan apabila pengelola dana terbukti melakukan pelanggaran terhadap hal-hal yang telah disepakati bersama dalam akad. Bank BNI Syariah Jember merupakan salah satu dari beberapa Lembaga Keuangan Islam di Jember yang menyalurkan pembiayaan mudharabah, BNI Syariah Jember ini terletak di pusat kota yang selalu padat oleh aktifitas masyarakat Jember yang memanfaatkan keberadaan BNI Syariah Jember ini baik untuk menabung maupun untuk pengajuan pembiayaan. Keberadaan BNI Syariah Jember untuk menunjang kebutuhan dan kemudahan masyarakat Jember dan sekitarnya akan lembaga keuangan yang mudah dijangkau dan fleksibel bagi masyarakat. Pada pembiayaan mudharabah tidak banyak lembaga perbankan yang mau menerima nasabah sembarangan selain selektif bank juga hati-hati karena dana pembiayaan mudharabah 100% dari bank, sedangkan nasabah hanya sebagai pengelola dana. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana sistem Pembiayaan Mudharabah pada PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Jember? 2) Bagaimana penghitungan bagi hasil dan akuntansi pemilik dana Pembiayaan Mudharabah pada PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Jember berdasarkan PSAK No.105?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pembiayaan mudharabah, penghitungan bagi hasil dan penulisan akuntansi pemilik dana pembiayaan mudharabah pada BNI Syariah Jember berdasarkan PSAK 105. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dimana dalam penjabaran dari hasil penelitian ini bersifat ilmiah. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Sistem pembiayaan mudharabah merupakan suatu kerangka dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan yang telah disusun dengan skema pembiayaan yang menyeluruh. Prosedur-prosedur dalam sistem pembiayaan mudharabah yang diterapkan pada BNI Syariah Kantor Cabang Jember dapat diklasifikasikan atas empat prosedur yaitu prosedur pembiayaan mudharabah, prosedur realisasi pembiayaan mudharabah, prosedur monitoring pembiayaan mudharabah, dan prosedur penutupan fasilitas pembiayaan mudharabah. 2) Penghitungan bagi hasil dan akuntansi pemilik dana pembiayaan mudharabah pada BNI Syariah Jember telah sesuai dengan PSAK 105, menggunakan penghitungan bagi hasil revenue sharing dengan pembagian 40:60 sesuai dengan kesepakatan pada saat akad.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Mar 2023 09:44
Last Modified: 10 Mar 2023 09:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20034

Actions (login required)

View Item View Item