Profesionalisme Guru PAI Pasca Sertifikasi dalam Mengembangkan Pembelajaran di SMK Plus Modal Bangsa Abul Abbas Kaliwining-Rambipuji-Jember.

Arifin, Zaenal (2018) Profesionalisme Guru PAI Pasca Sertifikasi dalam Mengembangkan Pembelajaran di SMK Plus Modal Bangsa Abul Abbas Kaliwining-Rambipuji-Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Zaenal Arifin_ 084 131 232.pdf

Download (2MB)

Abstract

Profesionalisme guru merupakan keahlian serta pengalaman dalam mengajar sehingga ia mampu melakukan tugas dan fungsinya dengan maksimal serta memiliki kompetensi sesuai dengan kriteria guru profesional, dan profesinya itu menjadi sumber mata pencaharian. Sedangkan pengembangan profesionalisme guru dimaksudkan untuk merangsang, memelihara, dan meningkatkan kualitas. Adapun guru yang profesional itu sendiri adalah guru yang berkualitas, berkompetensi, dan guru yang dikehendaki untuk mendatangkan prestasi belajar siswa serta mampu mempengaruhi proses belajar mengajar siswa yang nantinya akan menghasilkan prestasi belajar siswa yang lebih baik. Adapun skripsi ini yang akan diteliti adalah Profesionalisme guru PAI pasca sertifikasi dalam mengembangkan pembelajaran yang meliputi : perencanaan pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana guru PAI dalam merencanakan pembelajaran pasca sertifikasi? 2)Bagaimana strategi pembelajaran guru PAI pasca sertifikasi? 3)Bagaimana guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran pasca sertifikasi? 4)Bagaimana guru PAI dalam mengevaluasi pembelajaran pasca sertifikasi? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan guru PAI dalam merencanakan pembelajaran pasca sertifikasi. 2) Untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran guru PAI pasca sertifikasi 3) Untuk mendeskripsikan guru PAI pasca sertifikasi dalam menggunakan media pembelajaran pasca sertifikasi 4) Untuk mendeskripsikan guru PAI dalam mengevaluasi pembelajaran pasca sertifikasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Dalam penentuan penentuan subyek data penelitian ini menggunakan Purposive sampling adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data menggunakan field riset Keabsahan datanya menggunakan Triangulasi sumber dan Teknik. Hasil dari penelitian yang diperoleh yaitu: 1) Perencanaan pembelajaran yang meliputi persiapan materi, silabus RPE dan RPP 2) penggunaan media pembelajaran dengan baik dan benar. 3)penerapan strategi yang sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan sehingga dapat menciptakan ruangan yang kondusif, dan materi dapat dicerna dengan baik oleh peserta didik. 4)mengevaluasi hasil belajar siswa dengan menggunakan beberapa cara seperti tes, non tes portofolio dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Mar 2023 09:44
Last Modified: 10 Mar 2023 09:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20036

Actions (login required)

View Item View Item