Pola Dakwah Jama’ah Tabligh dari sudut pandang masyarakat ( Studi Di Dusun Ranggi Desa Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember)

Aini, Kurrotul (2018) Pola Dakwah Jama’ah Tabligh dari sudut pandang masyarakat ( Studi Di Dusun Ranggi Desa Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Kurrotul Aini_082141010.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dakwah adalah mengajak umat manusia dengan hikmah (kebijaksanaan) untuk mengikuti petunjuk Allah dan Rasuln-Nya. Namun saat ini kita lihat, setiap perbuatan yang menyuruh kepada yang ma‘ruf dan mencegah yang mungkar tidak selalu di pandang baik oleh masyarakat, seperti halnya dakwah yang dilakukan oleh jama’ah tabligh ini. Persepsi atau pandangan yang diberikan masyarakat ketika jama’ah tabligh melakukan dakwahnya kepada masyarakat, tidak selalu memberi respon yang sama. Ada persepsi yang positif dan negatif. Dari latar belakang yang ada dalam skripsi ini fokus pada: a) Bagaimana pola dakwah jama’ah tabligh di masyarakat muslim Dusun Ranggi Desa Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember? b) Bagaimana Pandangan masyarakat Dusun Ranggi Desa Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember terhadap pola dakwah jama’ah tabligh? Tujuan dari penelitian ini: a) Untuk mengetahui pola dakwah jama’ah tabligh terhadap masyarakat muslim Di Dusun Ranggi Desa Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember. b) Untuk mendeskripsikan Pandangan masyarakat di Dusun Ranggi Desa Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember terhadap pola dakwah jama’ah tabligh. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian Pola dakwah Jama’ah Tabligh di masyarakat Dusun Ranggi dapat disimpulkan bahwa pola yang diterapkan jama’ah tabligh yaitu dakwah bil lisan dan dakwah bil hal. Banyak masyarakat yang menanggapi positif dengan dakwah yang disampaikan jama’ah tabligh, namun ada beberapa masyarakat pula yang tidak suka dengan kedatangan jama’ah tabligh. pada dasarnya banyak masyarakat yang mengatakan dakwah jama’ah tabligh bagus serta dakwah yang dilakukan jama’ah tabligh mengajak pada sebuah kebaikan. Namun banyak masyarakat yang tidak mengikuti jama’ah tabligh. Kata Kunci: Jama’ah Tabligh, Masyarakat, Dakwah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Mar 2023 09:44
Last Modified: 10 Mar 2023 09:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20040

Actions (login required)

View Item View Item