Mashduqi, Ahmad (2023) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Akhlak Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Mamba’ul Khoiriyatil Islamiyah Bangsalsari Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ahmad Mashduqi_203206010008.pdf.pdf Download (62MB) |
Abstract
ABSTRAK
Ahmad Mashduqi, 2023, “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Mamba’ul Khoiriyatil Islamiyah Bangsalsari Jember” Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjan. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Pembimbing I : Dr. St. Rodliyah, M.Pd
Pembimbing II : Dr. Abd. Muhith, S.Ag, M.Pd.I
Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Pembinaan Akhlak.
Kepala sekolah menjadi sosok pemimpin dalam lembaga pendidikan yang memiliki peran yang sangat besar dalam pengembangan kualitas pendidikan sekolah. Dalam ajaran agama Islam, sosok pemimpin berada pada garda terdepan yang menentukan terhadap sikap umatnya. Apabila seorang pemimpin aktif, prima, produktif dan cakap dalam pengembangan dan pembangkitan sumberdaya alam dan manusia, maka dapat dipastikan perjalanan ummatnya akan mencapai titik keberhasilan.
Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana model kepemimpinan kepala sekolah dalam pembinaan akhlak di Sekolah Menengah Kejuruan Mamba’ul Khoiriyatil Islamiyah (SMK MHI) Bangsalsari Jember? 2) Bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam pembinaan akhlak siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Mamba’ul Khoiriyatil Islamiyah (SMK MHI) Bangsalsari Jember?
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan dan menganalisis model dan gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam pembinaan akhlak di Sekolah Menengah Kejuruan Mamba’ul Khoiriyatil Islamiyah (SMK MHI) Bangsalsari Jember.
Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitian adalah penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan teknik analisis data kualitatif interaktif model Miles, Huberman dan J. Saldana. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi tehnik, dan member check.
Berdasarkan hasil penelitian dalam tesis ini yaitu 1) Model kepemimpinan kepala sekolah dalam pembinaan akhlak siswa di SMK MHI Bangsalsari Jember adalah: a. Model kepemimpinan situasional yaitu kepala sekolah mengontrol, memaksimalkan, dan mengevaluasi pembinaan akhlak siswa. b. Model kepemimpinan transformasional yaitu kepala sekolah menginspirasi pengikutnya dengan mencontohkan kedisiplinan. c. Model kepemimpinan kontingensi Fiedler, kepala sekolah mengamati kinerja anggota dengan menyesuaikan gaya dan kondisi anggota. d. Model kepemimpinan partisipatif, yaitu kepala sekolah menginspirasi anggota bahwa pembinaan akhlak adalah tugas warga sekolah. e. Model kepemimpinan path-goal, yaitu kepala sekolah memberi tugas sesuai karakteristik, tuntutan, dan tekanan dari lingkungan. 2) Gaya kepemimpinan kepala di SMK MHI Bangsalsari Jember adalah: a. Gaya kepemimpinan demokratis, yaitu kepala sekolah bersikap lentur dan menerima aspirasi dari anggotanya. b. Gaya kepemimpinan otoriter, yaitu kepala sekolah pada kondisi tertentu bersikap tegas dengan otoriter. c. Gaya kepemimpinan Supportive Leadership dan partisipatif dengan memberi fasilitas berupa bentuk pelatihan kompetensi dan skill anggotanya. d. Gaya pembimbing, yaitu kepala sekolah mendoktrin bahwa pembinaan akhlak siswa adalah tanggungjawab bersama.
Actions (login required)
View Item |