Sikap Beragama dan Perubahan Perilaku Pengguna youtube (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis IAIN Jember Pemerhati Ceramah Ustad Abdus Somad)

Al Anshori, M. Zakariyya (2018) Sikap Beragama dan Perubahan Perilaku Pengguna youtube (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis IAIN Jember Pemerhati Ceramah Ustad Abdus Somad). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M. Zakariyya Al Anshori_082111024.pdf

Download (3MB)

Abstract

Banyaknya pengguna internet di Indonesia yang mengakses youtube kini situs youtube menjadi media kaum milenial untuk mencari informasi, hiburan dan juga video ceramah ustad-ustad digital yang di unggah ke situs youtube. Salah satunya adalah fenomena kemunculan ustad Abd. Somad, Lc disitus youtube pada akhir tahun 2016. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Apa konsepsi beragama mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis IAIN Jember untuk mencari konten ceramah ustad Abdus Somad sebagai pengetahuan agama 2) Bagaimana perubahan sikap dan perilaku mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis IAIN Jember yang intens menggunakan youtube sebagai sumber belajar islam dalam kehidupan sehari-hari ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsepsi beragama mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis IAIN Jember dalam menggunakan youtube sebagai seumber belajar agama islam, dan juga untuk mendeskripsikan perubahan sikap dan perilaku beragama mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis IAIN Jember yang intens menggunakan youtube sebagai sumber belajar islam. Untuk mendefinisikan masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dalam menguraikan dan menjabarkan terkait sikap beragama dan perilaku beragama mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis IAIN Jember sebagai pengguna youtube. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yaitu data direduksi dan diolah secara terus menerus sehingga data jenuh. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Konsepsi beragama mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis IAIN Jember untuk mencari konten ceramah ustad Abdus Somad sebagai pengetahuan agama merupakan bentuk realitas yang tercipta oleh terpaan media massa, dimana media masa mengkonstruksi realitas khalayak dalam menentukan pandangan beragama mereka dalam mencari konten ustad Abdus Somad sebagai pengetahuan agama, yang kemudian berhubungan denga perubahan sikap dan perilaku bergama mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis IAIN 2) Perubahan sikap dan perilaku mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis IAIN Jember yang intens menggunakan youtube sebagai sumber belajar islam dalam kehidupan sehari-hari merupakan akibat dari penyerapan dan hasil pengetahuan yang bersumber dari informasi yang mereka terima dari konten ceramah ustad Abdus Somad melalui media sosial youtube. Jadi efek media massa berdampak dalam perubahan sikap dan perilaku bergama mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis IAIN Jember yang menggunakan youtube sebagai sumber belajar islam dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:45
Last Modified: 13 Mar 2023 07:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20053

Actions (login required)

View Item View Item