Solihin, Mohammad Hakimus (2019) PROBLEMATIKA TAHFIDZ HADIS DI PTKIN (Analisis Problematika dan Solusi Tahfidz Hadis Pada Program Studi Ilmu Hadist Di Iain Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Mohammad Hakimus Solihin_082 143 014.pdf Download (7MB) |
Abstract
Hadis merupakan sumber ajaran Islam kedua setelah al Quran yang selalu dipelajari, diingat dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari oleh para sarjana hadis masa lalu hingga sekarang. Penjagaan dan pelestariannya menggunkan teknik beragam, salah satunya dengan mengingat (menghafal) demi terjaganya keorisinilan hadis nabi seperti para al hafiz} fi< al hadis} Abu Hurairah, Ahmad bin Hanbal dan Muslim bin Hajjaj. Karena itu penjagaan dengan hafalan harus terus dilestarikan untuk menghindari para kaum oposisi yang tidak bertanggung jawab. Institut Agama Islam Negeri Jember memperluas fakultasnya dan memberntuk Fakultas Ushuludin, Adab dan Humaniora yang kemudian dari fakultas tersebut lahirlah jurusan ilmu hadis. Pada penerapan sks perkuliahan program studi (Prodi) ilmu hadis ditambahkanlah materi Tahfidz Hadis untuk melestarikan hadis-hadis nabi seperti para pendahulunya. Materi ini menjadi materi inti dalam jurusan ilmu hadis sehingga seluruh mahasiswa ilmu hadis wajib menempuhnya. Pada pelaksanaannya tentu para mahasiswa tidak akan lepas dari problematika menghafal baik secara personal, sosial dan kelas formal sehingga pada akhirnya menjadikan para mahasiswa kesulitan dalam menghafal hadis. Penelitan ini mempunyai tiga fokus penelitian, yaitu: pertama, berkaitan dengan problematika kitab pegangan mata kuliah tah}fi@z} al h}adi@s} dan solusinya pada program studi Ilmu Hadis di Institut Agama Islam Negeri Jember. Kedua, problematika dosen pengampu mata kuliah tah}fi@z} al h}adi@s} dan solusinya pada program studi Ilmu Hadis di Institut Agama Islam Negeri Jember. Ketiga. Problematika mahasiswa berkaitan dengan mata kuliah tah}fi@z} al h}adi@s} dan solusinya pada program studi Ilmu Hadis di Institute Agama Islam Negeri Jember Dengan demikian maka tujuan penelitian ini ialah : pertama, untuk menjelaskan problematika kitab pegangan mata kuliah tah}fi@z} al h}adi@s} dan solusinya pada program studi Ilmu Hadis di Institut Agama Islam Negeri Jember. Kedua, untuk menjelaskan problematika dosen pengampu mata kuliah tah}fi@z} al h}adi@s} dan solusinya pada program studi Ilmu Hadis di Institut Agama Islam Negeri Jember. Ketiga, untuk menjelaskan Problematika mahasiswa berkaitan dengan mata kuliah tah}fi@z} al h}adi@s} dan solusinya pada program studi Ilmu Hadis di Institute Agama Islam Negeri Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian lapangan pendekatan kualitatif, menganalisis problematika tahfidz hadis pada program studi Ilmu Hadist yang terjadi pada pelaksanaannya secara natural dan deskriptif mendalam. Adapun teknik pengumpulan data di lakukan pada natural setting (kondisi yang alamiah), sumber data yang primer, dan teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi, wawancara mendalam (in depth interrview) dan dokumentasi. Dari data dan analisa peneliti untuk mengungkap problematika tah}fi@z} al h}adi@s} melaui fokus penelitian kami, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix pertama, Untuk problematika kitab pegangan tah}fi@z} al h}adi@s} dapat terbagi menjadi enam: a) Kitab Pegangan Berbeda, b) Sanad dan Rawi sama, c) Teks hadis terlalu panjang, d) Kata-kata asing, e) Tulisan dan tanda-tanda pada teks kurang jelas, f) Teks hadis berbeda dengan teks al Quran. Kedua, Adapun dari problematika dosen pengampu mata kuliah tah}fi@z} al h}adi@s} ada empat problematika yaitu a) Dosen kurang mampu mendisiplinkan mahasiswa, b) Dosen tidak memberikan metode mudah dalam menghafal, c) Dosen kurang pengawasan pada bukti setoran, d) Dosen Absen dari kelas. Ketiga, Problematika mahasiswa berkaitan dengan mata kuliah tah}fi@z} al h}adi@s} terbagi menjadi dua faktor utama: a) Problematika Individu : (1) Ke kekeuhan mahasiswa sangat kurang, (2) Tahfidz Hadis Masih Asing, (3) Adanya tugas kuliah lain, (4) Sikap malas dan lalai, (5) Sulitnya menghafal nama-nama sanad, (6) Menganggap sepele. b) Problematika Sosial : (1) Sosial Media, (2) faktor keluarga, (3) Faktor Teman, (4) Mengikuti organisasi extra dan intra kampus, (5) Faktor Percintaan, (6)Tidak dijadikan prasyarat skripsi atau kelulusan. . Dari berbagai problematika yang terjadi pada kitab, dosen dan mahasiswa maka dapat di temukan solusi dan urgensinya untuk mengarahkan kepada perbaikan. Rinciannya sebagai berikut.Solusi Problematika tah}fi@z} al h}adi@s pada program studi ilmu hadis ialah dilakukan a) Karantina mahasiswa, b) Penyamaan dan kejelasan kitab pegangan c) Perubahan dan penambahan pertemuan, d) Bantuan pihak kedua, e) Fokus hafalan dan merasa senang, f) Pembagian sistem nilai. Adapun dari urgensi tah}fi@z} al h}adi@s ialah sebagai berikut : a) sadar akan idealisme jurusan, b) Mindset masyarakat umum terhadap lulusan hadis masih minim, c) Mendongkrak kapasistas diri (berpikir), d) Mudah menganalisa problem dan keilmuan. . Kata Kunci: Problematika, Tah}fi@z} al h}adi@s}, Solusi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 07:31 |
Last Modified: | 13 Mar 2023 07:31 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20063 |
Actions (login required)
View Item |