Pola Komunikasi Politik Hary Tanoesoedibjo dalam Pandangan Mahasiswa IAIN Jember..

Huda, Mohammad Irchanul (2018) Pola Komunikasi Politik Hary Tanoesoedibjo dalam Pandangan Mahasiswa IAIN Jember.. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohammad Irchamul Huda_082141023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Interaksi sosial dalam kehidupan bermula atau dijembatani komunikasi, baik secara verbal atau non verbal, penyampaikan pesan tersebut, dapat melalui media atau Channels. Sebagaimana yang dilakukan oleh Bambang Hary Iswanto Tanoe Soedibjo yang kita kenal dengan Hary Tanoe Soedibjo. Dia adalah seorang pengusaha dan politikus Indonesia yang lahir pada tanggal 26 September 1965 di Surabaya dan bergama Kristen Protestan. Pola komunikasi politik yang dilakukan oleh Bambang Hary Iswanto Tanoe Soedibjo yakni pola komunikasi politik secara verbal dan non verbal. Dunia politik tidak hanya diamati oleh elemen-elemen politik namun juga seluruh warga negara Indonesia dapat menjadi pengamat politik. Khususnya Mahasiswa yang merupakan Agent Of Change sebagaimana mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember yang juga dituntut untuk ikut berperan aktif dalam membagun bangsa. Fokus masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pola komunikasi politik Hary Tanoesoedibjo ?. 2) Bagaimana pandangan mahasiswa IAIN Jember terhadap pola komunikasi politik Harry Tanoesoedibjo ?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pola komunikasi politik Hary Tanoesoedibjo. 2) Untuk mengetahui Bagaimana pandangan mahasiswa IAIN Jember terhadap pola komunikasi politik Harry Tanoesoedibjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian yaitu field research yaitu peneliti langsung meneliti atau mencari dan mengambil data dari lapangan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data yang digunakan adalah analisis komparatif, dan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: pandangan mahasiswa IAIN Jember terkait pola komunikasi politik Hary Tanoe Sudibjo yakni bagus dan cerdas, hal ini karena Hary Tanoe memanfaatkan teknologi informasi dan terjun langsung ke masyarakat untuk memberikan pesan secara verbal atau non verbal bahwa dia adalah seorang politisi yang nasionalis dan merakyat meskipun Hary Tanoe Sudibjo merupakan politikus non muslim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:32
Last Modified: 13 Mar 2023 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20064

Actions (login required)

View Item View Item