Pola Komunikasi Mahasiswa IAIN Jember Dengan Tokoh Masyarakat Melalui Kegiatan Keagamaan Islam di Lingkungan Karang Mluwo Kelurahan Mangli Jember Tahun 2016.

Supratmono, Rian (2017) Pola Komunikasi Mahasiswa IAIN Jember Dengan Tokoh Masyarakat Melalui Kegiatan Keagamaan Islam di Lingkungan Karang Mluwo Kelurahan Mangli Jember Tahun 2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rian Supratmono_082 121 003.pdf

Download (23MB)

Abstract

Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan interaksi dengan sesamanya untuk berbagi rasa, bertukar pikiran dan kehendak, baik secara langsung maupun tidak langsun g, verbal maupun non verbal. Hal ini secara alami tertanam dalam diri setiap individu, dan secara alami pula dilakukan sejak lahir. Maka, secara praktis manusia dalam kehidupan sehari-hari membutuhkan alat interaksi yang disebut dengan komunikasi, yaitu hubungan ketergantungan (interdependensi) antar manusia baik secara individu maupun kelompok. Fokus penelitian ini adalah: (1), Bagaimana pola komunikasi antar pribadi mahasiswa IAIN Jember dengan tokoh masyarakat melalui kegiatan keagamaan Islam di lingkungan Karang Mluwo Mangli Jember Tahun 2016? (2), Bagaimana pola komunikasi secara kelompok mahasiswa IAIN Jember dengan tokoh masyarakat melalui kegiatan keagamaan Islam di lingkungan Karang Mluwo Mangli Jember Tahun 2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di lingkungan Karang Mluwo Mangli Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: data reduction, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini menghasilkan:. (1), pola komunikasi antar pribadi mahasiswa IAIN Jember dengan tokoh masyarakat Karang Mluwo melalui kegiatan keagamaan Islam di Lingkungan Karang Mluwo Mangli Jember Tahun 2016 dilakukan dengan mengedepankan asas saling memberi dan menerima, dengan artian bersifat simbiosis mutualisme (timbal balik), selalu memberi dukungan yang positif, bersifat dialogis, dan dilakukan dalam suasana tidak terikat, dengan artian tidak bersifat formal, bisa dilakukan kapan saja, oleh siapa saja, dan di mana saja. Adapun bentuk-bentuk komunikasi antar pribadi mahasiswa IAIN Jember dengan tokoh masyarakat yaitu melalui tatap muka, tegur sapa, mengucap salam, berjabat tangan, dan melakukan silaturrahmi (2), pola komunikasi secara kelompok mahasiswa IAIN Jember dengan tokoh masyarakat Karang Mluwo melalui kegiatan keagamaan Islam di Lingkungan Karang Mluwo Desa Mangli Jember Tahun 2016 pada dasarnya bersifat heterogen, terencana dan terstruktur, serta dilakukan atas unsur prakarsa bersama. Interaksi terjadi karena ada hubungan saling ketergantungan antara keduanya. Di mana mahasiswa yang tergabung dalam organisasi mahasiswa daerah dan komunitas mahasiswa saling bekerjasama dengan kepengurusan tokoh masyarakat dalam mengadakan kegiatan keagamaan. Hal ini terlihat dari adanya keterlibatan mahasiswa IAIN Jember dalam kegiatan keagamaan masyarakat Karang Mluwo seperti terlibat dalam kegiatan pengajian rutin muslimatan, berpartisipasi dalam kegiatan peringatan hari besar Islam, dan aktif dalam mengajar di TPQ (Taman Pendidikan al-Quran).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:38
Last Modified: 13 Mar 2023 07:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20076

Actions (login required)

View Item View Item