Strategi Komunikasi Mahasiswa Patani dalam Membangun Efektivitas Hubungan Antarbudaya di IAIN Jember

Ansory, Rif'al (2018) Strategi Komunikasi Mahasiswa Patani dalam Membangun Efektivitas Hubungan Antarbudaya di IAIN Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rif’al Ansory_082141007.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini didasari pada permasalahan komunikasi mahasiswa Patani di lingkungan kampus IAIN Jember, salah satunya memiliki keterbatasan memahami bahasa Indonesia. Sehingga persoalan tersebut berdampak kepada proses komunikasi mahasiswa Patani yang kurang efektif dengan masyarakat lokal. Berdasarkan masalah komunikasi tersebut, sehingga perlu dilakukannya strategi dalam membangun komunikasi antarbudaya yang lebih efektif. Fokus penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi dalam membangun komunikasi antarbudaya yang lebih efektif serta apa saja faktor pendukung dan penghambat proses komunikasi mahasiswa Patani di kampus IAIN Jember. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi komunikasi mahasiswa Patani dalam membangun komunikasi antarbudaya yang efektif serta faktor pendukung dan penghambat proses komunikasi mahasiswa Patani dengan masyarakat kampus IAIN Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif serta objek penelitian dipilih melalui snowballing sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi struktural, observasi partisipan dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi waktu. Penelitian ini menghasilkan strategi komunikasi mahasiswa Patani yang dilakukan melalui bergabungnya Himpunan Mahasiswa Patani Indonesia (HMPI) mulai melakukan pembekalan bahasa Indonesia hingga kemudian pengenalan terhadap audien, penggunaan media dan pengkajian pesan yang akan disampaikan tidak berjalan efektif. Sehingga berpengaruh pada proses komunikasi mahasiswa Patani dengan masyarakat kampus IAIN Jember berjalan kurang efektif. Sedangkan faktor pendukung proses komunikasi mahasiswa Patani yaitu dengan bergabung sebagai anggota HMPI IAIN Jember dan melakukan kegiatan pengembangan bahasa seperti pembekalan bahasa Indonesia, dan kegiaatan rutin HMPI seperti diskusi umum dan olahraga, sedangkan faktor yang menghambat mahasiswa Patani dalam proses komunikasi mereka ialah memiliki kekurangan berupa pelafalan, pemahaman bahasa Indonesia serta penerimaan pesan yang kurang. Kata kunci : proses komunikasi, strategi komunikasi efektif dan efektivitas komunikasi, komunikasi antarbudaya mahasiswa Patani.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:39
Last Modified: 13 Mar 2023 07:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20077

Actions (login required)

View Item View Item