Implementasi Hadits Bakti Anak Kepada Orang Tua Yang Telah Meninggal Dunia (Studi Living Hadits Pada Masyarakat Desa Akkor Kec. Palengaan Kab. Pamekasan).

Rohim, Abd (2018) Implementasi Hadits Bakti Anak Kepada Orang Tua Yang Telah Meninggal Dunia (Studi Living Hadits Pada Masyarakat Desa Akkor Kec. Palengaan Kab. Pamekasan). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Abd. Rohim_082 133 003.pdf

Download (24MB)

Abstract

Living hadits dalam berbagai kegiatan yang dilakukan masyarakat muslim, tentu sangat menarik untuk dilakukan sebuah penelitian, karena tradisi tersebut memiliki ciri khas tertentu atau keunikan yang jarang dimiliki oleh masyarakat lainnya. Seperti halnya yang dilaksanakan masyarakat desa Akkor kec. Palengaan kab. Pamekasan “Bakti anak kepada orang tua yang telah meninggal dunia” yang sudah dijadikan sebuah tradisi yang yang mewujudkan salah satu kebaktiannya seorang anak kepada orang tua. Fokus penelitian ini adalah : 1). Bagaimana sejarah pelaksanaan tradisi bakti anak kepada orang tua yang telah meninggal dunia di masyarakat desa Akkor kec. Palengaan kab. Pamekasan ? 2). Bagaimana proses pelaksanaan tradisi bakti anak kepada orang tua yang telah meninggal dunia di masyarakat desa Akkor kec. Palengaan kab. Pamekasan ? 3). Bagaimana manfaat pelaksanaan tradisi bakti anak kepada orang tua yang telah meninggal dunia di masyarakat desa Akkor kec. Palengaan kab. Pamekasan? Tujuan penelitian ini adalah : 1). Mendeskripsikan sejarah pelaksanaan kegiatan tradisi tradisi bakti anak kepada orang tua yang telah meninggal dunia di masyarakat desa Akkor kec. Palengaan kab. Pamekasan. 2). Mendeskripsikan proses tradisi bakti anak kepada orang tua yang telah meninggal dunia di masyarakat desa Akkor kec. Palengaan kab. Pamekasan. 3). Mendeskripsikan manfaat yang diperoleh dari pelaksanaan tradisi bakti anak kepada orang tua yang telah meninggal dunia di masyarakat desa Akkor kec. Palengaan kab. Pamekasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan dengan subjek penelitian menggunakan Purposive Sampling dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles and Huberman dengan tiga tahapan, yaitu : reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini adalah : 1). Sejarah pelaksanaan tradisi bakti anak kepada orang tua yang telah meninggal dunia di masyarakat desa Akkor kec. Palengaan kab. Pamekasan diawali dari musyawarah masyarakat dengan kiyai. Selanjutnya masyaraka melaksanakan kegiatan bakti anak kepada orang tua yang telah meninggal dunia diantaranaya adalah yasinan, tahlilah dan do’a. 2). Proses pelaksanaan tradisi bakti anak kepada orang tua yang telah meninggal dunia di masyarakat desa Akkor kec. Palengaan kab. Pamekasan yaitu, dilaksanakan setia satu bulan sekali pada hari Kamis sore menyambut kedatangan Jum’at legi 3). Manfaat tradisi bakti anak kepada orang tua yang telah meninggal dunia di masyarakat desa Akkor kec. Palengaan kab. Pamekasan adalah salah satu bentuk kasih sayang seorang anak kepada kedua orangtuanya, menambah keimanan dan mengingatkan pada kematian agar selalu melakukan amal ibadah akhirat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:39
Last Modified: 13 Mar 2023 07:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20078

Actions (login required)

View Item View Item