Efektifitas Program Jalan Surga Jempol Televisi Bondowoso (Analisis Dakwah Gus Abdul Wadud Nafis)

Ilmi, Umirul (2017) Efektifitas Program Jalan Surga Jempol Televisi Bondowoso (Analisis Dakwah Gus Abdul Wadud Nafis). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Umirul Ilmi_082131003.pdf

Download (19MB)

Abstract

Televisi mampu memberi alternatif tontonan yang informatif. Secara dinamika arus kebutuhan informasi yang up to date menjadi sangat dibutuhkan masyarakat. Jika dakwah hanya dengan cara ceramah di mimbar saja, sudah tentu akah ditinggal dan tergerus dengan ideologi baru. Oleh karena itu, berdakwah di televisi menjadi penting terutama untuk televisi lokal. Banyak tayangan dakwah di televisi. Namun, dalam program Jalan Surga JTV Bondowoso memiliki nilai yang lebih jika dibandingkan dengan program acara dakwah di televisi lainnya. Pertama, program Jalan Surga JTV Bondowoso memiliki nilai kedekatan dengan masyarakat Keresidenan Besuki (Jember, Lumajang, Probolinggo, Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi). Kedua, tema yang diangkat dalam Program Jalan Surga adalah tema-tema yang menarik dan hangat untuk diperbincangkan yang terjadi di daerah Keresidenan Besuki. Ketiga, program Jalan Surga JTV Bondowoso hanya menggunakan narasumber Tunggal yakni Gus Abdul Wadud Nafis Lc. M.EI, atau biasa disapa Gus Wadud yang termasuk Dai produktif. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1. Bagaimana JTV Bondowoso mengemas program acara dakwah Jalan Surga?, 2. Apa saja faktor pendukung dan penghambat JTV Bondowoso dalam mengemas program acara dakwah Jalan Surga?, 3. Bagaimana respon masyarakat terhadap program acara dakwah Jalan Surga JTV Bondowoso?. Tujuanya untuk mendiskripsikan JTV Bondowoso dalam mengemas program acara dakwah Jalan Surga, untuk mendeskripsikan faktor yang mendukung dan menghambat JTV Bondowoso dalam mengemas program acara dakwah Jalan Surga dan mendeskripsikan respon masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisa data menggunakan deskriptif dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) JTV Bondowoso mengemas program acara Jalan Surga dengan format Talk Show. 2) Faktor yang mendukung yaitu: Kebutuhan Masyarakat Bondowos, merupakan sarana dakwah Gus Wadud di media televisi, bahasa, adanya kontrak kerja dan JTV Bondowoso merupakan media komunikasi massa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu gangguan mekanik dan juga semantik. 3) Tayangan program acara dakwah Jalan Surga mendapatkan respon baik secara internal ataupun eksternal. Tayangan program acara Jalan Surga membuat masyarakat menjadi mengerti dan mendapatkan pengetahuan baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:43
Last Modified: 13 Mar 2023 07:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20104

Actions (login required)

View Item View Item