Pengaruh Faktor Produksi Terhadap Pendapatan Petani Padi di Desa Sumber Pakem Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso.

Rodatun, Intan (2019) Pengaruh Faktor Produksi Terhadap Pendapatan Petani Padi di Desa Sumber Pakem Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Intan Rodatun_083144183.pdf

Download (4MB)

Abstract

Produksi merupakan segala kegiatan dalam menciptakan dan menambah kegunaan (utility) suatu barang dan jasa. Dalam proses produksi manusia membutuhkan faktor produksi seperti lahan,tenaga kerja dan modal. Faktor produksi baik yang disediakan oleh alam atau diciptakan oleh manusia yang dapat digunakan untuk memproduksi barang dan jasa. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Adakah pengaruh lahan, tenaga kerja dan modal secara Parsial terhadap pendapatan petani padi di desa Sumber Pakem Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso?.2) Adakah pengaruh lahan, tenaga kerja dan modal secara Simultan terhadap pendapatan petani padi di desa Sumber Pakem Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso? Penelitian ini bertujuan:1) Untuk mengetahui pengaruh lahan, tenaga keja dan modal secara Parsial terhadap pendapatan petani padi di desa Sumber Pakem Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso. 2) Untuk mengetahui pengaruh lahan, tenaga keja dan modal secara Simultan terhadap pendapatan petani padi di desa Sumber Pakem Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian field reseach. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menentukan jumlah sampel adalah sampel proportional atau proportional sample. Alat Untuk menganalisis data berupa uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik dan analisis denga rumus regresi linier berganda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Berdasarkan uji tdapat dilihat lahan berpengaruh signifikan terhadap pendapatan petani padi dengan hasil perhitungan SPSS adalah sebesar 0,014. Karena nilai signifikan 0,014 < 0,05 maka dapat dikatakan bahwa lahan secara parsial mempunyai pengaruh terhadap pendapatan petani padi. Berdasarkan uji t dapat dilihat tenaga kerja berpengaruh signifikan terhadap pendapatan petani padi dengan hasil perhitungan sebesar 0,022. Karena nilai signifikan 0,022 < 0,05 maka dapat dikatakan bahwa tenaga kerja secara parsial berpengaruh terhadap pendapatan petani padi. Berdasarkan uji t dapat dilihat modal berpengaruh signifikan terhadap pendapatan petani padi. Karena nilai signifikan 0,008. Karena nilai signifikan 0,008 < 0,05 maka dapat dikatakan bahwa modal secara parsial mempunyai pengaruh terhadap pendapatan petani padi. 2) Berdasarkan pengujian secara simultan (bersama-sama) hasil perhitungan sebesar 0,000 dengan tingkat pengaruh sebesar 22%, dapat disimpulkan bahwa lahan, tenaga kerja dan modal secara simultan berpengaruh terhadap pendapatan petani padi di desa Sumber Pakem Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso. Kata kunci: Produksi, Lahan, Tenaga kerja, dan Modal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:43
Last Modified: 13 Mar 2023 07:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20105

Actions (login required)

View Item View Item