Metode Dakwah KH. Abdul Aziz Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Darus Sholah Dalam Mengatasi Problematika Santri Pecandu Narkoba Di Desa Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember.

Syahidah, Washilatul Ummi (2018) Metode Dakwah KH. Abdul Aziz Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Darus Sholah Dalam Mengatasi Problematika Santri Pecandu Narkoba Di Desa Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Washilatul Ummi Syahidah_082141054.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dakwah adalah kegiatan yang bersifat menyeru, mengajak dan memanggil orang untuk beriman dan taat kepada Allah SWT sesuai dengan garis aqidah, Dakwah juga mengajarkan untuk mentaati Syari’at Islam. Di dalam Dakwah pasti ada metode yaitu cara untuk mengetahui keberhasilan dan gagalnya dalam menyampaikan Dakwah. Fokus penelitian yang dikaji adalah: 1.Bagaimana Metode Dakwah KH. Abdul Aziz Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Darus Sholah Dalam Mengatasi Problematika Santri Pecandu Narkoba Di Desa Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember 2.Apa Saja Faktor Pendukung Dan Penghambat Metode Dakwah KH. Abdul Aziz Dalam Mengatasi Problematika Santri Pecandu Narkoba Di Desa Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember ? Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan metode Dakwah KH. Abdul Aziz Pondok Pesantren Salafiyah Darus Sholah Dalam Mengatasi Problematika Santri Pecandu Narkoba serta mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam proses penerapan metode Dakwah KH. Abdul Aziz pengasuh pondok Pesantren Salafiyah Darus Sholah dalam Mengatasi Problematika Santri Pecandu Narkoba Di Desa Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dalam menentukan subjek penelitian menggunakan teknik purposive, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan model Miles dan Huberman yakni: reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi, untuk mengecek data dan validitas data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Dakwah KH.Abdul Aziz dalam menerapkan metode Dakwah spiritual dengan melakukan senam Islami dan sholat Tahajjud. Dan memberikan hukuman kepada santri yang melanggar dalam bentuk hafalan, memperketat serta melakukan controling para pengurus dengan melakukan razia tanpa sepengetahuan santri. Adapun faktor pendukung mengatasi problematika santri : yaitu adanya pengaruh yang kuat dari pengasuh pesantren, adanya jadwal piket yang jelas, dan juga kerjasama dari pihak pengurus selaku orang yang di percayainya. Sedangkan faktor penghambat mengatasi problematika santri di pondok pesantren Salafiyah Darus Sholah yaitu: kurangnya pengurus yang bertempat tinggal di lokasi pesantren, pengaruh lingkungan dan teman sebaya yang bukan santri, serta kurangnya kepedulian orang tua terhadap anaknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:43
Last Modified: 13 Mar 2023 07:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20109

Actions (login required)

View Item View Item